SD TIMURAN PERINGATI HARDIKNAS DENGAN MENAMPILKAN TARI KLASIK MATARAMAN

Kemeriahan SD Timuran Kota Yogyakarta hari ini sangat beda dengan hari-hari belajar mengajar sebelumnya, Hari ini tepat tanggal 2 Mei merupakan hari pendidikan Nasional, Sekolah Dasar Negeri Timuran menggelar acara peringatan Hari pendidikan Nasional. Kegiatan yang melibatkan semua Siswa dari kelas 1 sampai dengan kelas 6 ini, selain memperingati hari Pendidikan nasional juga menampilkan kreatifitas siswa, baik seni gerak, seni musik maupun seni rupa.

Dikatakan kepala sekolah SD Negeri Timuran, Esti Kartini, Kegiatan ini memang Baru digelar pertama kali, namun pihaknya berharap nantinya akan menjadi agenda tahunan, sebab peringatan Hardiknas ini didukung sepenuhnya oleh orantua siswa.

“ Pentas seni ini peringatan Hari Pendidikan memang baru kita gelar kali ini, nanun kedepannya kami agendakan menjadi ivent tahunan, dimana kali ini kami memang benar-benar murni dari kreatifitas siswa kami, baik tari, pameran batik, dan yang menjadi andalan kami adalah Pementasan Tari Klasik Gaya mataraman Golek Kenyo Tinembe, dimana tari ini sangat-sangat banyak diminati siswa”, katanya.

Dijelaskan Isti, Sekolahan ini tidak saja mengimplementasikan visi dan misi, yang salah satunya adalah Sekolah Dasar yang berbasis Budaya, maka sudah sewajarnya, SD yang terletak Jalan Parngtritis ini selalu mengembangkan Kreatifitas seni dan Budaya, yang ditekannkan kepada Muridnya, tanpa harus mengurangi jam pelajaran sekolah.

Selain untuk Ngleluri Budaya, menurut Esti siapa lagi kalu bukan generasi penerus saat ini yang akan meneruskan budaya adiluhung ini. Nilai-nilai budaya yang ditanamkan  kepada siswanya ternyata tidak menyurutkan para siswanya untuk tidak belajar, namun malah justru sebaliknya, mereka semakin giat belajar, bahkan keseimbangan otak kanan dan otak kirinya semakin seimbang.

Terbukti banyak Prestasi Yang ditorehkan siswanya dikancah Daerah Istimewa Yogyakarta, diantaranya Juara OSN Matematika, Lomba Motif Batik Tingkat DIY dan masih banyak lagi, hal ini membuktikan, bahwa siswa selain bisa berprestasi di akademis juga berprestasi di bidang seni dan budaya, khususnya kerajinan dan tari.

Selain Tari Klasik Gaya Mataraman, SD timuran juga ada Ekstra untuk tari kreasi baru dan Membatik. Untuk Kerajinan batik banyak karya siswa yang dipamerkan Hari ini Selasa (02/05) di ruang pamer SD Timuran Yogyakarta.

“ Para siswa tidak saja membatik klasik gaya Yogyakarta, namun ada batik Jumput, yang sekarang baru ngetren di dunia Fasion, hal ini sangat sangat memacu para siswa untuk lebih mendalami batik, selain batik SD Timuran juga ada usaha pembuatan jamu tradisional, dan sudah bisa dipasarkan, masalah rasa dan khasiatnya, tidak kalah dengan jamu-jamu yang ada dipasaran”, imbuhnya.

Isti berharap, semua siswanya yang sudah tampak arah ketrampilanya selalu memupuk ketrampilannya, agar kelak menjadi orang yang berguna, dalam menapaki kehidupan kedepannya, tidak menutup kemungkinan mereka juga akan menjadi pengusaha besar, dimana hal ini akan membanggakan Para Guru pengajar disekolahnya. (AND)