BNNP DIY-Taman Pintar Cegah Penyalahgunaan Narkoba

Badan Narkotika Nasional Propinsi (BNNP) DIY bersama Taman Pintar melakukan penandatanganan nota kesepahaman, Selasa (2/5) bertempat di Newton Room Gedung Kotak Lantai 3 Taman Pintar. Penandatanganan dilakukan oleh Kepala BNNP DIY Brigjen Pol Drs Mardi Rukmianto SH beserta Plt Kepala Dinas Pariwisata Kota Yogya, Drs. Yunianto Dwisutono. Turut hadir Kepala Taman Pintar, Kabid. Pemberantasan BNNP DIY, Kabid. Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat (P2M) BNNP DIY serta Kabag. Umum BNNP DIY.  

Menurut Kepala Bidang Taman Pintar, Afia Rosdiana, nota kesepahaman ini akan menjadi pondasi kerjasama dalam membangun sinergi antara kedua belah pihak untuk melakukan upaya Pelaksanaan Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika dan Prekursor Narkotika (P4GN). “Termasuk di dalamnya, adalah memberikan pemahaman kepada masyarakat, terutama generasi muda, tentang bahaya penyalahgunaan narkoba melalui diseminasi informasi P4GN di lingkungan Taman Pintar,” katanya.

Lebih lanjut dijelaskan bahwa jumlah pecandu dan penyalahguna narkoba yang tinggi di Indonesia menimbulkan keprihatinan tersendiri, apalagi dengan banyaknya berita di media massa yang mengekspos tertangkaptangannya beberapa public figure saat melakukan penyalahgunaan narkoba. Melalui kerjasama ini diharapkan Taman Pintar dapat menjadi mitra BNNP DIY dalam usaha pencegahan penyalahgunaan narkotika di kalangan remaja, karena upaya tersebut memang membutuhkan strategi khusus serta kerjasama secara sinergis antar berbagai pihak terkait.

Pada kesempatan penandatanganan kerjasama tersebut juga dilakukan peresmian LCD Media Standing P4GN yang menampilkan berbagai informasi mengenai bahaya narkoba di Gedung Kotak lantai 3 Taman Pintar. Ke depan, telah diwacanakan juga rencana pembangunan dan pengembangan zona khusus pendidikan anti narkoba di Taman Pintar untuk lebih menggalakkan gaya hidup sehat dan aktif di kalangan generasi muda, dengan memilih berbagai kegiatan yang positif, ketimbang bermain-main dengan bahaya narkoba yang pada akhirnya tidak akan memberikan faedah apa pun malahan menghancurkan masa depan mereka. Selain itu, generasi muda juga diharapkan untuk turut terlibat aktif dalam pencegahan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba di lingkungan mereka masing-masing.