Kecamatan Pakualaman Menerima Kunjungan Tim Penilai TKSK Prestasi 2017 Tingkat DIY

Selasa (25/4), Kecamatan Pakualaman menerima kunjungan lapangan Tim Penilai TKSK Prestasi tingkat Propinsi  DIY tahun 2017. Tahun ini Kecamatan Pakualaman mendapatkan kesempatan mewakili TKSK Kota Yogyakarta yang diwakili oleh Julianti.

Kunjungan yang berlangsung di Akper Notokusumo ini  berlangsung cukup meriah, Tim penilai disambut dengan tarian dan pengalungan bunga sebagai ucapan selamat datang dilanjutkan fragmen “ Dengan Gotong Royong Semua Tertolong “ dari grup kesenian Giri Budaya.

Hadir dalam kunjungan ini Kepala Dinas sosial Yogyakarta, Camat Pakualaman, Lurah Purwokinanti, Lurah Gunungketur, IPSM se-Kecamatan Pakualaman, Kapolsek, Danramil, Karang Taruna, LPMK, KTB Gunungketur, dan sejumlah UMKM.

Dalam pemilihan TKSK Berprestasi ini sudah melalui beberapa tahapan seperti pemaparan program dan kunjungan lapangan. “Setiap tahunnya diadakan evaluasi TKSK yang berprestasi,” kata Ketua Tim Penilai Eko.

“Kunjungan lapangan ini dimaksudkan untuk mengklarifikasi benar atau tidaknya, TKSK Julianti ini bekerja membantu dan bermanfaat bagi masyarakat sesuai tupoksi TKSK “ imbuhnya.

Dalam Kunjungan lapangan ini tim penilai berdialog langsung dengan lembaga-lembaga masyarakat yang menjadi sasaran tupoksi TKSK.

“TKSK telah menyampaikan apa saja program- program yang ada di Dinas atau OPD tingkat kota, terkait masalah sosial, ia juga hadir dan memberikan pengarahan di pertemuan IPSM tingkat Kelurahan dan tingkat Kecamatan,” terang Eko.

Koordinator IPSM Kecamatan Pakualaman pada Tim Penilai, Titik Anton menuturkan TKSK juga bertugas sebagai mitra Dinas terkait selama di lapangan, Ia mencontohkan, misalnya ada lembaga-lembaga sosial kelurahan seperti BKM, LPMK ada program terkait sosial seperti Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) , pendataan PMKS dan lainnya.

Sementara itu Anggota Tim Penilai, Sucipto mengatakan untuk TKSK Kecamatan Pakualaman secara umum dari klarifikasi lapangan dan administrasi keduanya positif, secara keseluruhan Sangat Luar Biasa.

Kunjungan Lapangan ini ditutup dengan pelepasan Tim Penilai oleh Camat Pakualaman, Sumargandi. ( Hardiana Pratiwi/ Kecamatan Pakualaman )