Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kota Yogya Gelar Lomba Menghias Tumpeng

Dalam rangka memperingati hari Kartini Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kota Yogyakarta mengadakan lomba menghias tumpeng. Lomba ini di gelar di Grha Pandawa Komplek Balaikota Yogyakarta, Rabu Siang (26/4)

Menurut ketua DWP Kota Yogya, Dian Wijaningrum Aman Yuriadijaya lomba menghias tumpeng ini dapat memotivasi kaum perempuan untuk bisa menciptakan menu-menu kreatif berbasis makanan lokal.

“Mengingat Kota Yogya kaya akan keanekaragaman produk-produk pangan dan sumber protein nabati, sehingga bukan hanya ajang kompetisi, akan tetapi lomba menghias tumpeng dapat menjadi nilai ekonomi bagi kaum perempuan untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga” ungkapnya

Selain itu dengan adanya lomba ini dapat meningkatkan silahturahmi antar anggota DWP.  “Ini bukan menang atau kalah, lebih dari itu, dengan adanya lomba ini kita bisa saling bersilahturahmi, yang tadinya tidak kenal menjadi kenal” katanya

Ia menuturkan, masyarakat perlu didorong untuk selalu memilih konsumsi komoditi pangan lokal daripada pangan impor. “Karena komoditi asli kita sebenarnya tidak kalah dengan komoditi impor,” ujarnya.

Ia berharap, dengan lomba ini, peserta dapat meningkatkan keterampilannya dalam menganekaragamkan bahan-bahan pangan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi keluarga, khususnya bagi anak-anak balita yang masih dalam masa pertumbuhan.

“Sehingga dapat menjadi kartini-kartini masa depan yang cerdas, berkualitas dan berdaya saing,” katanya.

Ia menambahkan dalam Lomba ini diikuti oleh seluruh Anggota DWP Kota Yogya yang terdiri dari 58 tim dengan satu tim terdiri dari dua peserta. Sementara untuk penilaian lomba tumpeng meliputi kreasi, cipta rasa dan cara atau bentuk penyajian yang harus dilanakan dalam waktu 60 menit.

“Untuk kriteria penilaiannya meliputi rasa masakan, kemudian tampilan tumpeng yang menarik,  sistem penyajian yang baik dan kreasi dalam penataannya” katanya.

Pada lomba ini Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah kota Yogya berhasil menjadi juara terbaik pertama disusul Kecamatan umbulharjo dan Gondomanan menjadi juara terbaik kedua dan ketiga, serta untuk harapan satu sampai tiga jatuh pada RS Jogja, BPR Bank Jogja dan Bagian Umum Kota Yogya. (Han)