Dilepas Pj Walikota, FASI Kontingen Kota Yogya Bidik Gelar Juara

Jum’at  (7/4) Penjabat (Pj) Walikota Yogyakarta Sulistiyo secara resmi melepas kontingen FASI (Festival Anak Sholeh Indonesia) ke X Kota Yogyakarta yang dijadwalkan akan mengikuti lomba FASI ke X tingkat Daerah Istimewa Yogyakarta yang akan berlangsung pada 23 april mendatang.

Dalam kesempatan itu Sulistiyo mengungkapkan dukungan sekaligus apresiasinya kepada seluruh santri yang mewakili Kota Yogyakarta. Ia juga mengapresiasi kinerja BADKO (Badan Koordinasi) TK-TPA Kota Yogyakarta yang selama ini terus mendampingi anak-anak dalam mendalami ilmu islam pada usia dini.

“FASI merupakan momentum yang sangat strategis untuk menumbuh kembangkan motivasi membaca, meningkatkan minat, mengembangkan kemampuan dan pemahaman makna yang terkandung dalam alqur’an yang dilakukan secara terencana, terarah, dan kontinyu,” katanya.

Selain itu, menurutnya FASI merupakan pengakuan kemampuan santri dan sarana santri untuk meningkatkan prestasi lebih tinggi melalui penilaian yang objektif dan sportif serta merupakan salah satu langkah konstruktif dalam menanamkan pengetahuan agama sedini mungkin kepada anak-anak.

“Sehingga pada gilirannya nanti akan tumbuh pribadi yang mandiri, cerdas, dan berakhlaqul karimah, jelasnya.

Melalui keikutsertaan dalam FASI ini, sambungnya, diharapkan akan menumbuhkan iklim persaingan yang sehat diantara TKA-TPA untuk meningkatkan kualitas pengelolaannya, dengan memunculkan anak-anak yang mempunyai potensi dan prestasi serta mengembangkan sumber daya manusia agar memiliki kualitas moral dan intelektual Qur’ani,” lanjutnya.

“Semoga para peserta nantinya mampu menerapkan nilai-nilai ilmu dari Al Qur’an dalam kehidupan sehari-hari dan tidak menjadikan Al-Qur’an sebagai bacaan hafalan semata, imbuhnya.

Sulistiyo berharap kontingen Kota Yogyakarta berhasil meraih kemenangan dalam FASI tingkat DIY dan mampu menjadi wakil DIY di FASI tingkat Nasional.

Sementara itu Ketua BADKO Kota Yogyakarta, Andry Sunny mengaku telah mempersiapkan kontingen semaksimal mungkin, pihaknya juga mengaku membidik juara dalam jang FASI ke X ini. “Kami sudah memilih 135 santri dari TK. TPA dan TQA yang akan mengikuti 31 kejuaraan,” terangnya. (Tam)