Kelurahan Pringgokusuman Maju Lomba LBS 2017 Tingkat Nasional

Kelurahan Pringgokusuman, Kecamatan Gedongtengen Kota Yogyakarta mewakili Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) pada lomba lingkungan bersih dan sehat (LBS) tingkat nasional 2017 setelah tim penilai dari Kemerntrian Kesehatan menilai Kelurahan tersebut.

Pelaksana Tugas Asisten Kesejahteraan Rakyat, Wahyu Widayat mengaku optimis Kelurahan Pringgokusuman dapat menjadi Juara pada Lomba LBS tersebut.

Menurutnya Kelurahan Pringgokusuman memang layak menjadi juara pada perlombaan  ini karena warga masyarakat di Kelurahan Pringgokusuman telah menjadikan lingkungan serta perilaku hidup bersih dan sehat secara mandiri serta melakukan berbagai inovasi.

”Seperti membuat program Eco Brick, pembuatan obat batuk herbal Cekok Jitu, kampung narkoba, dan kampung siaga bencana. Program tersebut telah dan akan terus dilaksanakan serta menjadi program berkesinmbungan yang tidak hanya dilaksanakan untuk kepentingan kompetisi semata.” katanya saat menyambut kedatangan tim juri di pendopo kantor Kecamatan Gedongtengen, Kamis (6/4).

Selain itu, lanjutnya, keberhasilan Kelurahan Pringgokusuman dalam Lomba LBS tingkat nasional tidak terlepas dari kekompakan yang dimiliki pengurus RT, RW dan masyarakat setempat serta Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta dalam menjaga dan memelihara kebersihan dan kesehatan lingkungan.

“Tanpa didukung masyarakat upaya mejaga kebersihan dan kesehatan lingkungan tidak akan berhasil. Kekompakan dan kerja sama tersebut merupakan poin penting yang dimiliki Kelurahan Pringgokusuman” tandasnya.

Ia berharap Kelurahan Pringgokusuman dapat menjadi Juara LBS tingkat nasional, sehingga dapat memotivasi kelurahan/wilayah lain agar dapat mengikuti langkah dari Kelurahan Pringgokusuman dan dapat memotivasi masyarakat agar menciptakan pola hidup bersih dan sehat.

“Penataan lingkungan dan kebersihan di Kelurahan Pringgokusuman kedepan akan semakin baik sehingga bermuara pada peningkatan kualitas kehidupan masyarakat serta memberikan dampak positif dalam segala aspek kehidupan, budaya hidup bersih dan sehat tersebut diharapkan dapat tertanam dalam diri masyarakat Kota Yogya sehingga menciptakan keluarga yang sehat dan sejahtera” katanya.

Sementara itu ketua Tim Juri lomba LBS, Yodi Mulyadi mengungkapkan lomba LBS ini merupakan kegiatan rutin setiap tahun bagi kabupaten/kota di Tanah Air dan yang mengikuti lomba tersebut telah mengirimkan datanya terlebih dahulu melalui provinsi.

"Setelah itu data tersebut kami telaah untuk menentukan apakah masuk dalam nominasi atau tidak, selanjutnya data dari masing-masing daerah diplenokan tim penilai, sehingga daerah yang memiliki skor tertinggi akan meraih juara” katanya.

Ia menambahkan dalam penilaian lomba ini ada beberapa aspek antara lain peran dan partisipasi pemerintah daerah dalam memajukan lingkungan. "Termasuk keterlibatan tokoh masyarakat, dan capaian prestasi yang sudah ditorehkan, serta bagaimana masyarakat bisa memahami arti dari lingkungan bersih dan sehat"ujarnya

Menurutnya Kelurahan Pringgokusuman dapat masuk sebagai nominasi utama dalam Lomba LBS 2017, karena di Kelurahan tersebut memiliki beberapa indikator unggulan antara lain, di pemukiman, warga masyarakat, lingkungannya tertata dengan baik dan rapi.

Ia berharap melalui kegatan tersebut dapat memberikan kontribusi dalam program pemberdayaan kesejahteraan keluarga khususnya di Kota Yogya. (Han)