Provinsi Jambi Kagum Dengan Kinerja Pemkot Yogya

Keberhasilan Pemerintah Kota Yogyakarta dalam menerapkan standar pelayanan public mengundang kagum berbagai Pemerintah Daerah lain di Indonesia. Selama tahun 2017 ini, sudah banyak kepala daerah yang berkunjung ke Kota Yogya untuk mengetahui kiat-kiat yang dilakukan oleh Pemkot Yogya dalam mewujudkan good governance.

Kali ini giliran jajaran dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi yang bertamu ke Balai Kota Yogyakarta. Rombongan tersebut dipimpin oleh Kepala Badan Pengembangan SDM Prov Jambi Erwan Malik.

Pada kesempatan tersebut, Ia mengungkapkan dirinya tahu banyak tentang prestasi Pemkot Yogya dari media massa, pihaknya ingin melihat langsung dengan datang ke Kota Yogya.

“Kami kagum 3 SKPD Pemkot Yogya berhasil meraih penghargaan bidang pelayanan publik terbaik se-Indonesia dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Republik Indonesia.” ujarnya Selasa (4/4)

Rombongan tersebut di sambut ramah oleh Staf Ahlli Walikota Bidang Pemerintahan, M. Sarjono. Pada kesempatan tersebut, Ia mengatakan bahwa Pemkot Yogya tak hentinya melakukan inovasi dan terus berupaya memberikan pelayanan terbaik dalam pembangunan dalam segala bidang.

Seperti di bidang rumah sakit dan kesehatan, pada tanggal 2 juni 2016 Pemkot Yogya mendirikan RS tanpa kelas yang di beri nama RS Pratama. “Selain itu kami juga punya  layanan kegawatdaruratan YES 118 yang terintegrasi dengan Public Safety Center (PSC) 119 Kementerian Kesehatan RI” katanya.

Sementara untuk RS Jogja dari hasil evaluasi pelayanan publik KEMENPANRB tahun 2016 terhadap pelayanan RSUD Kabupaten/Kota di 59 kota di Indonesia, menempatkan RS Jogja menduduki peringkat ke-3 dengan nilai sangat baik (Nilai A)

Untuk bidang penanaman modal dan perizinan, lanjutnya,  Pemkot Yogya memiliki Loket Advice Planning (LAP), yakni layanan konsultasi sebelum pengajuan IMBB, sehingga memudahkan dalam mempersiapkan dokumen kelengkapan

“Dinas Perizinan Kota Yogya juga sudah memiliki Sertifikat Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2008 yang sudah didapatkan untuk yang ketujuh kalinya” katanya

Untuk bidang kependudukan dan pencatatan sipil, tambahnya, Pemkot Yogya sudah mempunyai layanan akta secara online. “Tak sampai disitu, kami juga menggunakan mobil keliling untuk melakukan kegiatan jemput bola pembuatan Kartu Identitas Anak (KIA)” tambahnya

Acara dilanjutkan dengan pertukaran cinderamata antara Pemkot Yogya dengan Peprov Jambi. Kemudian rangkaian acara tersebut dilanjutkan ke SKPD guna melihat secara langsung bagaimana pelaksanaan dari tujuan Kunker itu sendiri, salah satu SKPD yang di datangi adalah Dindukcapil Kota Yogya dan Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Kota Yogya. (Han)