Upacara Perayaan Hari Kunjung Perpusatakaan dan Bulan Gemar Membaca, Walikota Tekankan Pentingnya Membaca

Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta menggelar upacara bendera dalam rangka memperingati Hari Kunjung Perpustakaan dan Bulan Gemar Membaca pada Senin, (19/9) di lapangan Balaikota Yogyakarta.

Bulan september ditetapkan sebagai Hari Kunjung Perpustakaan Dan Bulan Gemar Membaca yang telah jatuh pada 14 september lalu. Tujuannya tak lain adalah untuk meningkatkan minat baca masyarakat Indonesia termasuk Aparatur Sipil Negara.

Upacara yang dipimpin langsung oleh Walikota Yogyakarta H. Haryadi Suyuti ini berlangsung lancar dan khidmat. Dalam kesempatan tersebut, Walikota menyampaikan pentingnya membaca bagi kemajuan Bangsa dan Negara.

“Selain sebagai jendela dunia, membaca merupakan salah satu syarat terbentuknya masyarakat literasi yang merupakan simbol sebuah bangsa yang beradab dan berkemajuan,” Tegas Walikota dalam amanatnya.

Dalam rangka untuk menggalakkan minat membaca, Pemerintah Kota Yogyakarta melalui Kantor Arsip dan Perpustakaan Kota Yogyakarta telah melakukan pemetaan potensi perpustakaan di masing-masing SKPD, Instansi dan Unit Kerja dalam bentuk lomba Perpustakaan Khusus Instansi Pemerintah Kota Yogyakarta.

“Keberadaan Perpusatakaan Khusus Instansi mutlak diperlukan sebab mempunyai peran penting sebagai wahana pengembangan wawasan pegawai, pengembangan daya analisis, pengembangan budaya cerdas serta sebagai pusat rekreasi edukatif,” Kata Walikota.

Terakhir Walikota mengajak untuk menjadikan budaya membaca sebagai gaya hidup dan berkelanjutan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa, menjadi bangsa yang beradab sesuai dengan cita-cita bangsa ini.

Penghargaan

Dalam kesempatan yang sama, digelar prosesi penyerahan sejumlah penghargaan yang telah diraih Yogyakarta dalam sejumlah ajang.

Penghargaan diberikan kepada Kantor Arsip dan Perpustakaan Daerah (Arpsuda) Kota Yogyakarta yang telah berhasil menyabet gelar Lembaga Kearsipan Daearah (LKD) Teladan Terbaik Tingkat Nasional tahun 2016.

Penghargaan juga diberikan kepada Kelurahan Rejowinangun, Kecamatan Kota Gede yang meraih juara dua lomba Desa dan Kelurahan tingkat Nasional tahun 2016 dari Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia.

Melengkapi kebahagiaan ini, diserahkan pula Piagam Penghargaan bagi enam SKPD Pemenang Penilaian Kinerja Unit Kerja Pelayanan Publik 2016 serta Sertifikat ISO 9001:2008 bagi RSUD Kota Yogyakarta untuk pelayanan kesehatan instalasi gawat darurat dan proses pendukungnya.

Atas sederet penghargaan ini Walikota berharap agar tercapainya sejumlah prestasi ini dapat meningakatkan kinerja sesuai dengan tugas dan tanggungjawab masing-masing.(Tam)