RS Jogja Raih Sertifikat ISO 9001:2008

Rumah Sakit (RS) Jogja berhasil meraih sertifikat ISO 9001:2008 terkait standar kualitas kepuasan pelayanan kepada pasien/pengunjung. Dengan diraihnya sertifikat ISO 9001:2008 ini diharapkan seluruh potensi yang ada, baik dokter umum, perawat, petugas rekam medis, dapat terus meningkatkan kinerja mereka.

Direktur RS Jogja, Tuty Setyowati, menjelaskan bahwa ISO 9001 : 2008 merupakan standard international yang mengatur tentang sistem management Mutu (Quality Management System).

“Sistem manajemen tersebut untuk mengarahkan dan mengontrol RS Jogja yang berkaitan dengan mutu pelayanan” ujarnya usai menerima sertifikat tersebut dari Walikota Yogyakarta, Senin (19/9).

Ia bertekad untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan RS Jogja, sehingga mampu meningkatkan kepuasan masyarakat yang datang untuk berobat.

"Walau kepuasan itu tidak mudah dan masih ditemukan adanya keluhan, tetapi kami tetap optimis dengan sertifikat itu akan mendorong peningkatan pelayanan demi kepuasan pasien," katanya.

Dengan Sertifikat ISO 9001:2008, lanjutnya, setidaknya mampu meningkatan kinerja seluruh petugas di rumah sakit ini.

Ia menambahkan penilaian tersebut terdiri dari berbagai syarat. “RS Jogja sudah mempunyai sistem organisasi, manajemen dan sistem kerja yang terukur” ujarnya

Selain itu, lanjutnya, Rumah Sakit yang memperoleh Sertifikat ISO 9001:2008 berarti mempunyai tata kelola organisasi dan administrasi serta keuangan yang terdata dengan rapi.

“Sistem manajemen, pelayanan petugas dan fungsi alat yang tersedia sampai pasien dirawat dengan tindak lanjut medis yang positif harus semakin lebih baik” katanya.

Begitu juga masalah keuangan, harus punya data audit internal, sehingga tidak terjadi salah prosedur.

Sementara itu Walikota Yogyakarta, Haryadi Suyuti menegaskan bahwa sertifikat ISO tidak diperoleh dengan mudah, sebab dilakukan sistem penilaian yang detail.

Ia berharap RS Jogja akan senantiasa meningkatkan mutu pelayanan yang terukur dengan menggunakan standar-standar mutu yang berlaku baik dari ISO9001:2008.

Ia juga berpesan agar prestasi tersebut menjadi motivasi bagi RS Jogja untuk terus memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat.

"Teruslah berprestasi untuk tugas yang mulia ini, penghargaan ini adalah simbol sebuah keberhasilan dan jangan membuat kita lupa untuk terus bekerja. Jadikan simbol itu sebagai motivasi. Ada atau tidak adanya penghargaan tersebut kita harus terus bekerja untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat," pesannya. (Han)