Walikota Jogja, Pathuk Adalah Buminya Bakpia Indonesia

Hujan deras mengguyur kota Yogyakarta tidak mampu menghalangi ribuan warga Kota Yogyakarta untuk berebut  Bakpia pada pelaksanaan Bapia Day ke-5 tahun 2016. Dalam hitungan detik  butiran kue Bakpia yang tersusun  mirip menyerupai Gunungan  Sekaten itu ludes  diperebutkan, di halaman bekas pabrik tegel Kuntji wilayah Pathuk Yogyakarta, Minggu. (18/09/2016).  Sebelum diperebutkan gunungan bakpia  itu diarak mengelilingi wilayah kecamatan Ngampilan  dimulai dari halaman bekas pabrik Tegel, menuju  jalan Letjen Suprapto, jalan KHA. Dahlan dan kembali lagi ke lokasi awal.

Ketua panitia  pelaksana Wagiman menjelaskan pelaksanaan Bakpia Day atau Merti Bakpia Bakpia Day ke-5 tahun 2016  di Kampung Wisata Kuliner Pathuk Kota Yogyakarta  didukung oleh kurang lebih 150 pengusaha bakpia dari 13 Rukun Warga (RW) yang ada di Ngampilan dan sekitarnya. 

Berbeda dengan tahun tahun sebelumnya dimana panitia hanya menyediakan dua buah gunungan saja, di tahun 2016 ini  panitia  mengeluarkan  lima buah gunungan berukuran besar dan kecil.” Dua buah gunungan besar berisi sekitar 10 ribu butir dan tiga buah gunungan kecil berisi sekitar 3000  hingga 3500  ribuan butir bakpia,” jelas Wagiman.   Selain mengeluarkan gunungan bakpia, acara itu juga sebagai ajang untuk menampilkan potensi sebi dan budaya yang ada di wilayah Nagmpilan.

Wagiman menambahkan hakekat dari pelaksanaan  Bakpia Day atau Merti Bakpia ini adalah untuk menyiarkan kepada seluaruh warga masyarakat Indonesia dan dunia bahwa pusat produksi kue  tradisional bakpia  pertama dan terbesar ada di Pathuk Kota Yogyakarta. “Warga masyarakat, wisatawan asing dan luar negeri, kalau mau cari bakpia ya di sini. Di Pathuk sini,” ujar Wagiman.

Sementara itu, Walikota Yogyakarta, H. Haryadi Suyuti berharap para pengusaha Bakpia yang ada di Pathuk Yogyakarta memiliki semangat kebersamaan untuk  mengembangkan makanan  khas Pathuk Yogyakarta, bakpia.  “Saya harapkan para pengusaha Bakpia di wilayah pathuk ini bahwa kegiatan Merti Bakpia merupakan kegiatan meningkatkatkan kebersamaan. Ojo iren irenan (iri)  satu dengan yang lain. Tapi tunjukkanlah kebersamaan kalian semua. Kita tunjukkan kebesamaan kita semua. Kita sukseskan dan kita canangkan terus bahwa Pathuk adalah bumi bakpianya Indonesia. Saya minta semuanya bersatu,” ajak Walikota.

Merti Bakpia atau Bakpia Day menurut Haryadi  bukan saja dinantikan oleh warga Yogyakarta saja. Tetapi sudah dinantikan oleh para pelancong dari seluruh dunia.

Haryadi juga mengajak semua pengusaha bakpia untuk saling membantu dan berbagi ilmu dalam memproduksi  terutama untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas. “Kalau yang produksinya masih sedikit tanya kepada yang sudah banyak. Yang produksinya kurang enak tanya pada yang enak,” tambah Haryadi .  Ditambahkan, bahwa dalam dunia  kuliner orang akan mencari  yang enak, itulah yang dipilih.  “Mboten sing apik. Tapi untuk dikonsumsi masyarakat yang pertama adalah yang enak. Yang kedua prosesnya baik.  Gunakan bahan yang berkualitas.  Dan yang ketiga harga harganya bersahabat. Tidak mahal tidak murah tapi yang bersahabat,” tutup Haryadi. (@mix)