Ribuan Bakpia Diarak Keliling Kota Yogya

Sebagai upaya untuk semakin memperkenalkan bakpia, Pengusaha Bakpia di kawasan Ngampilan, didukung Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Yogyakarta menggelar Merti Bakpia di sepanjang jalan KS Tubun, Kelurahan Ngampilan, Kota Yogyakarta, Minggu, (18/9)

Ketua Panitia Bakpia Day, Wagiman mengataka nmerti bakpia tahun ini lebih meriah karena ada 5 gunungan, lebih banyak dari tahun lalu yang hanya 2 gunungan.

“Dengan dukungan ratusan pembuatan bakpia, Gunungan laki-laki setinggi 1,75 meter, satu gunungan perempuan setinggi 1,5 meter dan tiga gunungan kecil dengan tinggi satu meter akan diarak. Rata-rata setiap gunungan berisi 3.000 sampai 4.000 bakpia” ujarnya.

Untuk rute jalan yang akan dilalui Gunungan, lanjutnya, yaitu Jalan KS Tubun-Jalan Letjen Soeprapto-Jalan KH Ahmad Dahlan-Jalan Bhayangkara, lalu kembali ke Jalan KS Tubun.

“Saat diarak, setiap gunungan akan diiringi oleh kelompok kesenian. Kelurahan Ngampilan mewajibkan 13 rukun warga di wilayah untuk menampilkan kelompok keseniannya” ungkapnya.

Tak hanya itu, puluhan ribu bakpia juga dibagikan secara gratis di sepanjang rute kirab. "Banyak usaha mikro kecil dan mengengah (UMKM) menawarkan bakpia produksi mereka di sepanjang rute kirab. Semuanya gratis," terangnya.

Sementara itu Walikota Yogyakarta, Haryadi Suyuti menyampaikan apresiasi atas ide penyelenggaraan acara dalam bentuk Merti Bakpia ke-5 ini yang diharapkan makin mampu menjadi daya tarik bagi wisatawan sehingga kunjungan wisatawan ke Yogyakarta bertambah.

”Yogyakarta memang memiliki banyak makanan khas yang sangat populer. Tak akan lengkap datang ke Jogja tanpa membawa oleh-oleh jajanan khas Jogja. Maka melalui acara pada sore ini diharapkan semakin memantapkan predikat sebagai Kota tujuan wisata” katanya

Menurutnya sebagai makanan tradisional khas Yogyakarta, bakpia telah menjadi bagian dari kehidupan dan penghidupan sebagian warga masyarakatnya.

”Tak heran kalau saat ini semakin banyak usaha di bidang makanan tradisional khususnya produksi bakpia khas Yogyakarta” ungkapnya.

Ia berharap kegiatan tersebut dapat memberikan keberkahan, kemanfaatan dan rejeki yang melimpah bagi masyarakat Kota Yogyakarta. (Ted)