Peserta Kontes Roket Air Taman Pintar Terus Meroket

Kontes Roket Air yang diselenggarakan oleh Kantor Taman Pintar Yogyakarta semakin diminati, ini dibuktikan dengan adanya peserta yang berasal tidak hanya  dari DIY dan Jawa Tengah saja tetapi dari Surabaya.

Menurut Kepala Kantor Taman Pintar, Yunianto Dwi Sutono, tahun ini jumlah pesertanya melebihi tahun kemarin.

“Jumlah peserta Kontes Roket Air tahun ini meningkat secara signifikan, tahun lalu kontes ini hanya di ikuti peserta 187, tapi tahun ini menjadi 276 tim yang terdiri dari SMP dan SMA berbagai daerah di Indonesia” katanya di Stadion Kridosono, Sabtu (17/9).

Ia menambahkan tujuan dari kegiatan tersebut adalah memberikan motivasi kepada pelajar untuk mengenal teknologi roket guna mendukung pengembangan bidang kedirgantaraan.

“Kegiatan ini juga merupakan upaya Taman Pintar untuk memberikan dukungan terhadap pengembangan kurikulum pendidikan dasar dan menengah” ujarnya.

Untuk kelanjutan dari kompetisi tersebut, lanjutnya, 10 Besar pemenang Kontes Roket Air ini yang berumur 12-16 tahun akan mendapat kesempatan untuk mengikuti kejuaraan roket air tingkat nasional di Jakarta.

“Sedangkan untuk 6 Besar pemenang tingkat nasional mendapat kesempatan untuk mengikuti kejuaraan roket air tingkat internasional di Filipina” tegasnya.

 Sementara itu, Walikota Yogyakarta, Haryadi Suyuti mengatakan Pemerintah Kota (Pemkot)  Yogyakarta sangat mendukung  kegiatan tersebut.

Menurutnya kegiatan ini sangat bermanfaat bagi siswa karena dapat mendorong dan membudayakan kebiasaan untuk berpikir kreatif di kalangan siswa.

“Karena dengan berpikir kreatif akan membiasakan siswa untuk berpikir sistematis, mulai dari menganalisa masalah, melakukan berbagai percobaan dan hingga akhirnya menemukan solusi” katanya

Selain itu, tambahnya, melalui kontes roket air ini dapat menjadi media untuk menumbuhkan dan mengembangkan keilmuan.

“Dalam membuat suatu karya tentunya berbagai referensi menjadi syarat mutlak untuk hal inilah yang akan mengembangkan ilmu baik bagi dirinya pribadi maupun bagi segenap komunitas pencinta dan pemerhati roket air” ungkapnya

Pada kesempatan tersebut, Ia meminta agar juara dari kontes roket air tersebut terus mendapat pembinaan yang berkelanjutan dari Taman Pintar sehingga kemampuan peserta juga akan terus berkembang. (Han)