Pembangunan Talud Selesai, Warga RW 04 Surokarsan Gelar Syukuran

Warga RW 04 Surokarsan menggelar syukuran atas selesainya pembangunan Talud Kali Code yang melintasi kampung yang secara administratif terletak di Kelurahan Wirogunan, Kecamatan Mergangsan ini. Syukuran yang dihadiri oleh Walikota Yogyakarta, H. Haryadi Suyuti ini diselenggarakan pada hari Minggu (7/8) sore.

Dikatakan oleh Walikota, pembangunan talud yang memakan dana APBD sebesar 459 juta rupiah ini merupakan bentuk komitmen Pemerintah Kota untuk memberikan rasa nyaman sekaligus aman bagi warga kota Yogyakarta, khusunya warga RW 04 Surokarsan yang terletak di bantaran Sungai Code. “Kami berharap agar Talud yang dibangun dapat menghindarkan masyarakat dari luapan banjir lahar, lebih dari itu talud ini juga diharapkan akan mempercantik wajah sungai Code sehingga menambah keindahan wilayah RW 04 Surokarsan.” Tutur Walikota

Selanjutnya, walikota berharap agar ke depannya warga RW 04 Surokarsan dapat berperan secara aktif untuk turut memelihara talud yang pembangunannya selesai dalam waktu 180 hari ini dan berkomitmen untuk tetap menjaga kebersihan lingkungannya. “Keindahan ini diharapkan mampu menjadikan warga menjadi becik, yaitu warga yang cinta lingkungan sehingga akan selalu menjaga agar kaline resik. Gaya hidup cinta lingkungan harus selalu digaungkan, jangan sampai warga membuang sampah di sungai.” Pinta Walikota.

Sementara itu, Ketua RW 04 Surokaran, Endang Hardini menyampaikan apresiasinya terhadap program Pemerintah Kota Yogyakarta dalam memperhatikan kondisi RW 04 Surokarsan yang terletak di kawasan rawan kiriman banjir lahar dingin ini. Selanjutnya Endang berkomitmen untuk mengajak warganya untuk selalu menjaga kebersihan lingkungannya.

Dalam acara syukuran ini, secara simbolis walikota melepaskan bibit ikan ke sungai, Bibit ikan yang merupakan sumbangan dari empat komunitas pemancing di kawasan Surokarsan dan sekitarnya ini dimaksudkan selain menambah keragaman hayati di Kali Code, juga diharap mampu menjadikan kawasan Surokarsan sebagai tujuan para pemancing dalam menyalurkan hobinya.

Selain itu, menambah kemeriahan, sebuah gunungan raksasa yang dibentuk dari buku dan alat tulis menjadi rayahan bagi anak-anak warga RW 04 Surokarsan. Dikatakan oleh Endang, gunungan ini menggambarkan semangat anak-anak RW 04 Surokarsan untuk memperoleh pendidikan yang maksimal. “Yang diinginkan anak-anak sekarang bukan lagi makanan, namun pendidikan. Gunungan ini menggambarkan keinginan anak-anak untuk mendapatkan pendidikan yang maksimal” Pungkas Endang.

Melengkapi keberadaan Talud, untuk ke depannya di kawasan ini akan dibangun 37 titik lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) Kampung. Walikota berharap kehadiran PJU ini nantinya akan menambah rasa aman warga RW 04 Surokarsan. (ams)