50 siswa Raih Penganugrahan Tanda Kecakapan Pramuka Garuda

50 siswa tingkat SMA se Kota Yogya mendapatkan Penganugrahan Tanda Kecakapan Pramuka Garuda Kwartir Cabang Kota Yogyakarta, yang diberikan oleh Wali Kota Yogyakarta Hariyadi Suyuti selaku Kamabicab.

Kwartir Cabang Kota Yogya, Ahmad Fadli mengatakan Pramuka Garuda merupakan tingkatan tertinggi dalam setiap golongan Pramuka baik Siaga, Penggalang, Penegak dan Pandega.

“Hal ini diatur dalam Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor 101 tahun 1984 tentang Petunjuk Penyelenggaraan Pramuka Garuda.” katanya di ruang Bima komplek Balaikota Yogyakarta, Jumat (5/8).

Menurutnya seorang peserta didik yang telah mencapai tingkatan terakhir dalam golongannya, dan telah memenuhi persyaratan untuk menjadi Pramuka Garuda, berhak mengajukan permohonan kepada Kwartir melalui pembina untuk dapat mengikuti uji kelayakan untuk dapat naik ke tingkatan Garuda.

“Memang tidak mudah untuk mencapai Pramuka Garuda karena memang memerlukan ketelatenan dan keaktifan bagi peserta dan apakah memenuhi kelayakan, baik dalam segi mental, ataupun sisi kelayakan persyaratan lainnya”ungkapnya.

Sementara itu Walikota Yogyakarta, Haryadi Suyuti megatakan diraihnya kecakapan Pramuka  hingga ke tingkat Pramuka Garuda melalui tahapan tahapan kecakapan dalam kepramukaan.

Menurutnya gugus depan pramuka manapun akan mampu mencapai tingkat kecakapan Pramuka Garuda, bila mampu berlatih dengan sungguh sungguh serta memiliki kedisiplinan yang tinggi, dengan modal itulah keberhasilan di depan masih menunggu.

“Pramuka Garuda ini patut menjadi contoh bagi pramuka pramuka lainnya, untuk itu, walapun sudah menjadi Pramuka Garuda, kita tetap berlatih, berdisiplin dan senantiasa serta siap dengan janji pramuka, dengan Tri Setia dan Dasa darmanya” katanya.

Ia berharap, agar kecakapan pramuka yang sudah diraih di jadikan pedoman dan di emplementasikan untuk sekolah serta di lingkungan tempat tinggal. (Han)