DPRD Kota Bandung Belajar Di Jogja

Dalam rangka mencari referensi sebagai bahan masukan dan kajian tentang pembahasan mengenai penerimaan Opini WTP, DPRD Kota Bandung megunjungi Pemerintah Kota Yogya, Selasa (4/8) di ruang Yudistira komplek Balaikota Yogyakarta.

“Kita semua tahun bahwa Pemkot Yogya sudah sering menerina Opini WTP, untuk itu kami kesini untuk menimba ilmu agar kami bisa aplikasikan ketika kita sudah sampai Bandung lagi” ungkap ketua rombongan Edwin Sanjaya.

Rombongan tersebut di terima oleh Staf Ahli Walikota Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Bejo Suwarno .

Pada kesempatan tersebut Ia menjelaskan, bahwa Pemkot Yogya telah menerapkan laporan berbasis akrual.

“Pada awal penerapannya cukup menyulitkan, namun dilihat pemanfaatannya lambat laun akan menyesuaikan” katanya.

Dengan penerapan laporan berbasis akrual, lanjutnya, terjadi perubahan mendasar pada pola pikir dan perilaku dalam pencatatan keuangan Pemerintah Daerah.

“Dan atas upaya tersebut pada tahun 2016 ini, Pemerintah Kota Yogyakarta memperoleh amanah WTP untuk ke tujuh 7 kalinya, yang merupakan salah satu tolak ukur dalam pelaksanaan pelaporan berbasis akrual dengan benar” katanya.

Ia berharap Semoga, seluruh kegiatan pada kunjungan ini tidak hanya akan memberikan wawasan tetapi juga akan meninggalkan kesan yang positif sehingga selalu timbul keinginan untuk kembali berkunjung ke kota Yogyakarta. (Han)