Merti Desa di Gunungkidul, PS Pemkot Yogyakarta Tanding Persahabatan

Anda pernah mendengar nama Persatuan Sepakbola Pemerintah Kota Yogyakarta atau biasa disebut PS Pemkot? Kurang familier, memang. Namun demikian, pada momentum tertentu, PS Pemkot dapat berperan positif pada jalinan silaturahmi antar-Pemerintah Daerah di Daerah Istimewa Yogyakarta. PS Pemkot berisi karyawan Pemerintah Kota Yogyakarta yang gemar bermain sepakbola. Latihan dilakukan tiap Selasa di Lapangan Sepakbola Glondong, Wirokerten, Banguntapan, Bantul,” ujar Ketua PS Pemkot, Muhamad Maimun Sultoni, beberapa waktu lalu.

Ia menuturkan, belum lama ini, tepatnya Rabu, (13/7/2016), PS Pemkot memenuhi undangan pertandingan persahabatan dari PS Bima Seta di Desa Pampang, Kecamatan Paliyan, Kabupaten Gunungkidul, dalam rangka memeriahkan Bersih Desa (Merti Desa) atau Rasulan.

Setiap tahunnya, Desa Pampang, seperti daerah-daerah lain di Kabupaten Gunungkidul, mengadakan acara Rasulan atau Bersih Desa (Merti Desa). Sebuah acara adat yang melambangkan rasa Syukur kepada Tuhan YME atas hasil panen yang didapat pada musim hujan sebelumnya, sehingga hasil panen tersebut bisa dimanfaatkan sampai musim hujan berikutnya,” terangnya.

Tradisi Rasulan, sambungnya, disertai dengan berbagai kegiatan yang menjadi ajang seluruh anggota masyarakat memperlihatkan eksistensi kebisaannya. Misal, Rasulan diikuti dengan kegiatan olahraga. Biasanya, sepakbola atau bola voli.

Selain itu, pentas kesenian, mulai dari kirab budaya seluruh warga di balai desa, pentas atau beber reog atau jathilan atau doger sehabis doa dan sedekah, juga pentas ketoprak dan pagelaran wayang kulit.

Maimun Sultoni berkisah, rombongan PS Pemkot tiba di Desa Pampang sekitar pukul 14.30. Usai beristirahat dan ibadah Shalat Asar, sekitar pukul 16.00, dimulailah pertandingan sepakbola persahabatan antara PS Pemkot dengan PS Bima Seta.

Adapun PS Bima Seta merupakan klub sepakbola amatir, dengan pemain yang berasal dari berbagai lapisan masyarakat di Pampang. Semua menjadi satu, bahu membahu; bermain dalam satu lapangan untuk hiburan dan olah raga.

Pertandingan berakhir dengan skor 4-3 untuk kemenangan PS Bima Seta. Pertandingan berjalan dengan meriah. Semua pemain dari dua kesebelasan bermain sportif dan tidak keras, seperti diinstruksikan oleh pelatih dari masing-masing kesebelasan.

Setelah pertandingan selesai, para pemain dijamu dengan makan bersama dan ramah tamah di salah satu rumah warga setempat. Suasana sangat guyub dan penuh kekeluargaan, di antara para pemain.

Sambutan dari masyarakat setempat pun sangat baik. Dengan adanya pertandingan persahabatan ini, akan memperluas jalinan silaturahmi antar-kesebelasan, dan nama PS Pemkot menjadi dikenal.

Dengan adanya kegiatan-kegiatan yang seperti ini, karyawan Pemkot Yogyakarta akan mengetahui bahwa ternyata Pemkot Yogyakarta juga mempunyai sebuah kesebelasan atau klub sepakbola,” pungkas pegawai DPDPK Kota Yogyakarta tersebut. (Penulis: Thomas Ari Kurniawan/Kecamatan Ngampilan)