Menteri Kesehatan RI Puji Public Safety Center (PSC) 119 Yes Kota Yogyakarta

Nila Djuwita F. Moeloek Menteri Kesehatan (Menkes) RI mengunjungi Public Safety Center (PSC) 119 Yes Kota Yogyakarta, di Kompleks Balaikota Yogyakarta, Rabu,(22/06/2016). 

Nila  mengapresiasi  PSC 119 yang ada di Kota Yogyakarta. Menurutnya  PSC 119 di Kota Yogyakarta telah berfungsi  dengan baik dan sudah dapat dimanfaatkan oleh masyarakat Yogyakarta. “Kita mau melihat PSC disini (Kota Jogja). Ternyata disini sudah berfungsi dengan baik. Memberikan pelayanan dan dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat,” ujar Nila Moeloek.

Dikatakan, PSC 119 Kota Yogyakarta telah bekerjasama dengan 10 rumah sakit yang ada di Yogyakarta. Respon time untuk panggilan  yang diberikan 119 Kota Yogyakarta  juga dinilai baik. Nila Moeloek memuji 119 Kota Yogyakarta yang memberikan fasilitas pelayanan gratis kepada pasien selama 1 kali 24 jam pertama kepada warga masyarakat  yang tidak memiliki jaminan kesesehatan. “Bahkan mereka memberikan fasilitas  satu hari pelayanan itu gratis di rumah sakit kalau tidak punya jaminan. Ini sangat bagus, harus bisa dimanfaatkan oleh masyarakat,” puji Nila.

Menkes menambahkan PSC 119 ini akan dihubungkan dengan jaringan yang ada secara nasional. “Ada National Command  Center yang ada di Kemenkes RI,” tambahnya. Jaringan ini rencananya  akan dibuka oleh Menteri Kesehatan,  tanggal 1 Juli 2016 mendatang.(@mix)