Hari Ini Sekda Lantik Kepala Sekolah

Hari ini, Sekretaris Daerah Kota Yogyakarta Dra, Rr. Titik Sulastri melantik seorang kepala sekolah. Pelantikan sekaligus pengambilan sumpah tersebut berlangsung di Ruang Sekda Kota Yogyakarta, Kamis (16/6).

Dalam sambutannya, Titik Sulastri menyampaikan, peran Kepala Sekolah dalam mengembangkan suasana sekolah yang nyaman dan kondusif bagi proses pembelajaran melalui pengelolaan manajerial yang profesional, merupakan kebutuhan utama suatu sekolah untuk meraih prestasi dalam rangka menghasilkan sumber daya manusia yang unggul dan mempunyai daya saing yang tinggi. Tugas dan tanggung jawab Kepala Sekolah sangat penting sehingga hanya Kepala Sekolah yang memiliki kompetensi dan kreativitas mumpuni yang dapat mengemban tugas tersebut.

“Sosok ideal seorang Kepala Sekolah adalah memiliki idealisme untuk memajukan sekolah, memajukan profesionalisme guru, memajukan kreativitas siswa serta dapat membangun hard skill dan soft skill komunitas sekolah yang dipimpinnya,” ujarnya.

Ia menambahkan, momentum ini sangat penting sebagai bagian dari peningkatan kualitas pendidikan di Yogyakarta. Penyegaran kepemimpinan sekolah menurutnya harus dilakukan agar tercipta berbagai inovasi baru di sekolah.

"Ciptakan iklim belajar mengajar yang baik dan harmonis sehingga dapat tercipta suasana sekolah yang kondusif untuk pertumbuhan dan perkembangan anak didik kita. Berkembang tidaknya sekolah amat ditentukan oleh seorang Kepala Sekolah," imbuhnya.

Adapun yang dilantik adalah Wiwik Indriyani, S.Pd, M.Si sebagai Kepala Sekolah SMK Negeri 6 Yogyakarta. Sebelumnya ia menjabat sebagai guru madya di sekolah yang sama. (cok)