TAGANA GELAR WORKSHOP BENCANA KOTA YOGYAKARTA

Keberadaan Tagana ditengah masyarakat saat ini sangat diperlukan, terlebih Kota Yogyakarta yang dibelah tiga sungai besar yang pada saat musim penghujan rawan dengan Bahaya banjir. Dengan keberaaan Tagana, masyarakat boleh sedikit lega, dimana anggota tagana tersebar di kampung-kampung yang setiap saat terjadi bencana, siap untuk mengevakuasi warga yang terkena musibah, hal ini dikatakan Kepala Dinas Sosial Kota Yogyakarta, Hadi Muhtar, SE, MM di ruang Bhima, dalam acaea Workshop Bencana Kota Yogyakarta, Senin (30/05).

Taruna Siaga Bencana atu Tagana merupakan Organisasi yang dibentuk untuk bertindak secara cepat dalam mengevakuasi masyarakat yang terkena bencana, sebab tagana dibentuk dari, oleh dan untuk masyarakat. Sebagai garda terdepan dalam menghadai bencana, mestinya Tagana harus mempunyai skil untuk mengevakuasi warga maupun cara mengurusi pengungsi.

“ Tagana ini sangat lewes dalam mengurusi para pengungsi maupun mengevakuasi warga korban bencana, sebab seperti kegiatan saat ini intuk menambah wawasan mereka untuk menghadapi kebencanaan, sehingga apabila nanti benar-benar terjadi bencana siap untuk terjun dilapangan, dan membantu para korban”, kata Hadi Muhtar.

Sementara itu Ketua Panitia, Supriyanto, menjelaskan, kegiatan ini tidak saja mengambil dari anggota Tagana saja, melainkan Kader Tagana Kota Yogyakarta, Relawan non Tagana Seperti halnya, Komunitas Pare Anom, Komandom Code X, Tasgana, Umbulharjo Rescue Comunity, serta Mergangsan Rescue Comunity.

“Maksud penyelenggaraan dari Workshop ini selain untuk menambah wawasan, juga mendorong relawan bencana agar bisa berkiprah lebih aktif ditengah masyarakat dalam penanggulangan dan pengamanan bencana serta kegiatan sosial lainya”, katanya.

Ditambahkan Supriyanto, dalam workshop kali ini pihaknya menghadirkan tiga nara sumber yang masing-masing, memberikan materi Pembentukan Tagana dalam pelaksanaan penanggulangan dan penanganan Bencana, oleh Kepala Dinas Sosial DIY. Peran dan dukungan Pemerintah terhadap Kegiatan Tagana Kota Yogyakarta Oleh Kepala Dinas Sosialnakertrans, serta Ketua Tagana Kota Yogyakarta, memberikan Materi, kiprah Tagana Kota Yogyakarta Dalam Penanggulangan dan penanganan Bencana di Masyarakat.

Kegiatan yang berlangsung sehari ini, selain materi juga diberikan cara penanganan Korban yang baik dan benar, yang diikuti oleh 60 peserta,