Diklatpim Tingkat III Polri Bandung Kunjungi Best Practice di Pemkot Jogja

Rabu (25/05), Diklatpim Tingkat III Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Kepolisian Republik Indonesia (Polri) Bandung melakukan benchmarking ke Pemerintah Kota Yogyakarta. Peserta Diklatpim pimpinan Kepala Pusat Pendidikan Administrasi Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Polri Bandung Kombes Pol Drs Ekotrio Budhiniar yang berjumlah 70 orang tersebut diterima oleh Staf Ahli Bidang Umum Pemerintahan Kota Yogyakarta Tri Widayanto di Ruang Bima, Komplek Balaikota Yogyakarta.

Pertemuan diawali dengan penyampaian maksud dan tujuan oleh pimpinan rombongan. Ekotrio menyatakan kunjungan ini adalah merupakan tindak lanjut dari tahapan pelatihan yaitu mengunjungi best practice di Pemerintah Kota Yogyakarta.

“Setelah mendapatkan berbagai ilmu pengetahuan, kami datang ke Pemerintah Kota Yogyakarta untuk mengadopsi inovasi dan juga produk-produk unggulan dari SKPD-SKPD yang ada di Pemkot Jogja,” ujarnya.

Ditambahkan olehnya, selama belajar di Pemerintah Kota Yogyakarta diharapkan peserta akan memperoleh masukan atau ide kreatif yang nantinya akan membawa dampak positif dan dapat diaplikasikan di Polri Bandung.

Penyampaian maksud dan tujuan tersebut disambut dengan penyampaian gambaran singkat mengenai Kota Yogyakarta oleh Tri Widayanto. Staf Ahli Bidang Umum Pemerintahan Kota Yogyakarta tersebut juga menyampaikan prestasi dan inovasi-inovasi yang telah dicapai.

Peserta kunjungan kali ini nantinya akan belajar di beberapa SKPD yang merupakan best practice di Pemerintah Kota Yogyakarta. Adapun SKPD yang menjadi lokus kunjungan adalah Badan Kepegawaian Daerah Kota Yogyakarta, Dinas Perizinan Kota Yogyakarta, DPDPK, Dinas Kesehatan dan Kecamatan Danurejan.

Setelah mendapat gambaran singkat mengenai Pemerintah Kota Yogyakarta, para peserta menuju lokus sesuai bidang dan kelompok yang telah dibagi menjadi 5 kelompok. Peserta juga dapat melihat langsung pelayanan dan inovasi-inovasi yang sudah dilakukan oleh SKPD yang dikunjungi. (cok)