20 eks-PSK Terima Bantuan dari Dinsosnakertrans

Sebanyak 20 eks Pekerja Seks Komersial (PSK) di wilayah Pasar Kembang, Bong Suwung, dan Giwangan menerima bantuan berupa peralatan memasak dari Dinas Sosial, Tenaga Kerja, dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Kota Yogyakarta. Bantuan tersebut secara simbolis diserahkan oleh Camat Gedongtengen, Drs. Antariksa Agus Purnama, M.Si di Pendopo Kantor Kecamatan Gedongtengen, Jum’at (13/5) pagi.

Sebelum menerima bantuan, ke-20 eks PSK tersebut telah mengikuti pelatihan kuliner yang diselenggarakan oleh Dinsosnakertrans Kota Yogyakarta pada tanggal 18 hingga 23 Maret lalu. Dengan adanya bantuan peralatan memasak, diharapkan ilmu yang didapatkan peserta tidak hanya berhenti begitu saja, namun dapat dimanfaatkan untuk membuka usaha baru serta mampu mengentaskan mereka dari dunia prostitusi. “Bantuan  ini diharapkan dapat dimanfaatkan untuk mengash keterampilan mereka di bidang kuliner sehingga ke depannya mampu memulai usaha baru dan mengentaskan mereka dari dunia prostitusi” Tutur Denny Utomo Yusuf selaku Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) Gedongtengen.

Sementara itu Camat Gedongtengen meminta agar penerima bantuan benar-benar bisa memanfaatkan peralatan tersebut agar mampu berswadaya melalui berbagai usaha kuliner “Peralatan ini jangan dijual, manfaatkan sebaik-baiknya untuk mengembangkan ilmu yang kemarin didapat sealama pelatihan. Kalau telaten dan rajin pasti akan jadi lebih baik” Pintanya.

Lina, seorang penerima bantuan merasa senang dengan perabot yang didapat, menurut pengakuannya, alat-alat ini akan dimanfaatkan untuk membuat usaha kuliner roti dan kue kering “Ke depannya  alat-alat ini akan saya manfaatkan untuk membuat kue kering, kebetulan sebentar lagi bulan puasa dan lebaran” Tuturnya.

Kegiatan ini sendiri merupakan kegiatan rutin tahunan yang diselenggarakan oleh Dinsosnakertrans Kota Yogyakarta bekerjasama dengan Kementerian Ketenagakerjaan  RI dengan maksud sebagai pemberdaaan bagi pemuda dan wanita. Untuk sumber dana didapatkan dari APBN, APBD Propinsi, serta APBD Kota. Untuk tahun ini, bantuan yang diserahkan kepada masing-masing penerima terdiri atas 13 item yang meliputi oven, mixer, kompor gas beserta tabung dan regulatornyanya, pembuat mi, dan lain-lain. (ams)