Dubes New Zealand Bertandang ke Balaikota Jogja Ingin Bangun Kerja sama

Duta Besar (Dubes) New Zealand  untuk Indonesia Dr. Trevor Matheson melawat ke Pemerintah Kota Yogyakarta. Kedatangannya untuk bersilaturahmi dan melihat peluang yang dapat dikerjasamakan antara pemerintah kota Yogyakarta dengan New Zealand.

Trevor datang bersama sang istri didampingi Mike Ingriani, Development Programme Coodinator New Zealand Aid Programme ( Koordinator program pembangunan, Program Bantuan New Zealand). Mereka diterima Walikota Yogyakarta H. Haryadi Suyuti di Ruang Nakula Kompleks Balaikota Yogyakarta, Kamis, (12/5/16).

Dr. Trevor Matheson mengatakan kedatangan mereka untuk bersilaturahmi sekaligus melihat peluang yang ada di kota Yogyakarta untuk dapat dikerjasamakan  di antara dua daerah itu.   Menurutnya, ada beberapa peluang yang memungkinkan diantaranya pendidikan, ekonomi  dan pariwisata  serta pengembangan  ‘Capasity  building’.

Koordinator Program Pembangunan, Program Bantuan New Zealand Mike Ingriani menambahkan Pemerintah New Zealand telah memberikan bantuan kepada masyarakat  di beberapa tempat di Yogyakarta seperti di Kulonprogo dan Sleman.  “Kami sudah 4 tahun ini bekerjasama dengan Universitas Gajah Mada (UGM) telah membantu  masyarakat  khususnya petani di wilayah Sleman untuk meningkatkan standarisasi kualitas  produksi salak. Kami juga melakukan program pemberdayaan kepada kaum disability  di Kulonprogo untuk meningkatkan ekonomi kecil bagi mereka,” tambah Mike.

Menanggapi tawaran baik dari Pemerintah New Zealand melalui Dubesnya, Walikota Haryadi Suyuti  menyambut baik dan mengapresiasi.  Menurutnya, penjajagan awal ini perlu ditingkatkan  menjadi sebuah kerjasama yang konkret dari kedua belah pihak. “Perlu segera ditindaklanjuti  dengan sebuah Memorandum of Understanding ( MOU) dan dibuatkan sebuah payung hukum. Perlu adanya kerja sama konkrit antara Kota Yogyakarta dengan New Zealand,”ujar  Walikota.  Walikota menambahkan  Kota Yogyakarta  bisa juga memanfaatkan kerjasama di bidang sumber daya manusianya atau di bidang ekologi, kultur,  ekonomi bisnis ,pendidikan dan lainnya.

Sementara itu, kepala Bagian  P3ADK Kota Yogyakarta Danang Subagjono, menambahkan  pemerintah New Zealand untuk tahap awal ini baru melakukan penjajagan. Kedepannya, kata Danang, pihak Pemerintah kota Yogyakarta dan New Zealand melalui Kedutaan Besarnya  akan terus melakukan komunikasi tentang langkah-langkah yang akan dilakukan termasuk niatan membangun kerja sama diantara dua daerah itu. (@mix)