Wujudkan Jogja tetap Kondusif, Walikota bersama Kapolda DIY Siap Gandeng Seluruh Unsur Masyarakat

Walikota Yogyakarta. H. Haryadi Suyuti meningatkan mengenai pentingnya penguatan kemanan di tingkat wilayah untuk mewujudkan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) di Kota Yogyakarta. Menurut Walikota sinergitas masyarakat, baik di tingkat kecamatan maupun kelurahan bersama Pemerintah Kota, Kepolisian, maupun TNI akan memperkokoh Kamtibmas sehingga mampu mewujudkan Yogyakarta yang tertib, bersih, dan nyaman  “ Kamtimbas di Kota Yogyakarta dapat diwujudkan dengan menciptakan keamanan di tingkat wilayah, permasalahan yang bisa diselesaikan di tingkat  wilayah cukup berhenti di situ. Ini merupakan wujud dari semangat Segoro Amarto, walau demikian bukan berarti pemerintah akan diam saja, namun tetap harus stand by untuk melakukan monitoring” Tutur Walikota ketika menerima silaturahmi dari Kapolda DIY yang baru, Brigjen Prasta Wahyu Hidayat, Kamis (12/5) di Grha Pandawa Kompleks Balaikota.

Lebih lanjut, Walikota juga menuturkan, posisi geografis maupun administratif Yogyakarta yang strategis, serta karakteristik sosialnya yang majemuk menjadikan Yogyakarta cukup rawan terhadap berbagai isu kemanan dan ketertiban, namun nyatanya segala permasalahan berkaitan keamanan dan ketertiban di Yogyakarta selalu bisa ditangani dengan baik “Di Yogyakarta paling sedikit ada 7-8 demonstrasi setiap bulannya, begitu juga masalah  lain yang berkaitan dengan kemanan, namun berkat sinergi yang terbangun baik antara berbagai unsur, berbagai persoalan yang terjadi bisa ditangani dengan baik. Untuk ke depannya saya mohon dukungan dari Kapolda agar suasana tetap kondusif” Pinta Walikota dalam sambutannya dalam acara yang juga dihadiri oleh Wakil Walikota Yogyakarta, Imam Priyono serta mantan pasangan Walikota-Wakil Walikota Yogyakarta 2001-2006, Herry Zudianto dan Syukri Fadholi tersebut.

Sementara itu, Brigjen Prasta Wahyu Hidayat dalam arahannya merasa bangga dan terharu atas kekompakan berbagai unsur di tingkat Kota, baik kekompakan yang terbangun di forum forkompinda, maupun berbagai tokoh masyarakat serta tokoh agama. “Kekompakan yang terbangun sangat luar biasa, saya berharap suasana guyub seperti ini juga terbangun di tingkat kecamatan maupun kelurahan. Jika kekompakan tetap terjaga hingga tingkat kelurahan, maka kamtibmas akan semakin kuat dan tidak bisa dimasuki ancaman dari luar, baik yang terlihat maupun tidak sepeti proxy war” Tutur pria yang sempat menjabat sebagai Kepala Badan Intelijen Negara Daerah (Kabinda) DKI Jakarta tahun 2010 – 2012 tersebut.

Selanjutnya, beliau juga mengingatkan mengenai tantangan kemanan dan ketertiban yang akan dihadapi terakait dengan ditetapkannya Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) tahun ini “Ditetapkannya MEA menjadikan kedatangan warga asing tidak terbendung lagi. Jika diawasi dengan baik, hal ini akan meningkatkan  investasi asing  yang masuk dan berdampak positif pada kesejahteraan serta kemakmuran masyarakat. Namun jika tidak diawasi hal ini justru akan berdampak buruk dan menjadikan kita sebagai bangsa yang tertinggal. Untuk itu kita juga perlu memahami 12 paket kebijakan dari pemerintah” Tuturnya.

Terkait dengan pengangkatannya sebagai Kapolda DIY yang baru, Brigjen Prasta Wahyu Hidayat merasa seperti pulang kampung karena sebelumnya ia sempet menimba ilmu di Yogyakarta “Rasanya seperti pulang ke kampung halaman, sempat tinggal di sini menjadikan saya cukup mengenal karakteistik Yogyakarta” Pungkasnya (ams)