Apresiasi Gugus PAUD Dapat Tingkatkan Kualitas PAUD

Siang ini, diselenggarakan Penilaian Apresiasi Gugus PAUD Tingkat DIY Tahun 2016 yang bertempat di Gugus PAUD Sidomulyo, Kecamatan Mantrijeron, Kota Yogyakarta, Rabu (11/5).

“Apresiasi Gugus Paud diharapkan bukan semata-mata sebagai ajang kompetisi, namun juga harus dipandang sebagai media untuk meningkatkan kualitas PAUD,” ujar perwakilan Tim Juri, Kepala Bidang Pendidikan Non Formal dan Informal (PNFI) Dikpora DIY, Dra Mulyati Yuni Pratiwi.

Ia menambahkan, apresiasi Gugus PAUD diadakan bukan sekedar untuk mencari juara, namun acara ini diadakan dalam rangka memberikan pembinaan terhadap gugus PAUD agar kualitas Gugus PAUD semakin meningkat.

“Dalam melaksanakan apresiasi gugus PAUD ada beberapa komponen yang dinilai, yakni Manajemen Gugus PAUD, Manajemen Lembaga, Kegiatan Belajar Mengajar (KBM), Sarana dan Prasana, Partisipasi Masyarakat, serta Keunggulan dan Prestasi. Komponen-komponen tersebut akan dinilai menggunakan berbagai metode, yaitu observasi, wawancara, studi dokumentasi untuk mendapat informasi dari instrumen yang disediakan,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta, Drs. Edy Heri Suasana mengatakan bahwa Usia Dini merupakan periode perkembangan yang sangat penting dalam kehidupan manusia, oleh karena itu pemerintah harus senantiasa mendorong kesadaran para pendidik di tingkat PAUD.

"Salah satu bentuk dari pembinaan PAUD ini adalah dengan memberikan penghargaan kepada pendidik dan pengelola PAUD melalui penyelenggaraan apresiasi PAUD. Apresiasi ini diharapkan dapat memperkuat kapasitas pendidik di tingkat PAUD dan mampu mendorong organisasi mitra agar lebih inovatif dan kreatif dalam mengembangkan penyelenggaraan PAUD," pungkas Edy. (cok)