Percepat Pengurangan Pengangguran Dinsosnakertrans Gelar Job Fair

 

Merespon lonjakan angka pengangguran di Kota Yogya, Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Kota Yogya menggelar Job fair.

Jobfair atas kerjasama antara Dinsosnakertrans Kota Yogya dengan Kementrian Tenaga Kerja dan Transmigrasi tersebut di gelar di Gedung Mandala Bhakti Wanitatama 10 hingga 13 Mei mendatang

Kepala Dinsosnakertrans Kota Yogya Hadi Mochtar mengungkapkan, Job Fair tersebut dimaksudkan untuk mempertemukan para pengguna kerja atau perusahaan dengan pencari kerja.

"Ini merupakan tugas kami, yakni memfasilitasi pertemuan dua pihak yang saling membutuhkan yakni industri atau perusahaan dengan pencari kerja," ujarnya.

Selain untuk mendukung komitmen pemerintah pusat dalam meningkatkan daya saing, Ia berharap melalui peluang penempatan tenaga kerja jumlah pengangguran di Kota Yogya akan semakin sedikit.

Pada Job Fair kali ini tersedia lebih dari 4.000 lowongan dari 50 perusahaan. Para pencari kerja cukup membawa berkas dan biodata diri..

“Sejumlah perusahaan yang menawarkan lowongan kerja di antaranya adalah perusahaan di bidang jasa keuangan, perbankan, teknologi dan farmasi. Perusahaan tersebut membuka lowongan untuk lulusan SMA/SMK hingga perguruan tinggi” tambahnya

Selain itu, Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Yogyakarta juga membuka layanan pembuatan kartu kuning (AK1) atau kartu pencari kerja untuk warga Kota Yogyakarta dan warga luar DIY di lokasi job fair.

Sementara itu Asisten Pemerintahan, Ahmad Fadli mengatakan, kegiatan job fair ini diharapkan menjadi agenda rutin dalam kerangka untuk mengurangi jumlah penganggur khususnya di Kota Yogyakarta, dan tentunya akan memberikan kontribusi konkrit dalam penanganan masalah ketenagakerjaan di Kota Yogyakarta.

Ditambahkannya, Pemkot Yogyakarta sangat berterimakasih kepada perusahaan-perusahaan yang turut berpartisipasi dalam job fair ini dan berharap perusahaan bisa mendapatkan tenaga kerja sesuai kriteria yang diharapkan, dan para pencari kerja bisa mendapatkan lapangan kerja sesuai dengan kemampuan dan keahlian yang dimiliki. (Han)