Tiga Kepala Sekolah Dilantik

Tiga Kepala Sekolah di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta diambil sumpah dan dilantik oleh Sekda Kota Yogya, Titik Sulastri. Tiga Kepala Sekolah tersebut adalah Rudi Rumanto Kepala Sekolah SMAN 11 Yogyakarta, Y Niken Sasanti Kepala Sekolah SMPN 1 Yogyakarta, Sugiyarti Kepala Sekolah SMP 10 Yogyakarta.

Pada kesempatan tersebut Sekda menerangkan bahwa momentum tersebut sangat penting sebagai bagian dari peningkatan kualitas pendidikan di Yogya. Penyegaran kepemimpinan sekolah menurutnya harus dilakukan agar tercipta berbagai inovasi baru di sekolah.

Untuk itu, lanjutnya, ketiga Kepala Sekolah yang baru dilantik ini harus penuh inovasi, kaya akan gagasan, bertindak cepat, berpikir cerdas, komunikatif dan koordinatif, bijaksana, seimbang, ikhlas dan solutif dalam memecahkan setiap masalah yang akan dihadapi.

"Pelantikan ini merupakan simbol pemberian amanah khusus kepada kepada ketiga kepala sekolah yang baru dilantik untuk semakin berperan membangun kota, terutama di bidang pendidikan" jelasnya di ruang Tumurun, Dinas Pendidikan Kota Yogya, Senin (9/5)

Ia mengimbau kepada Kepala Sekolah untuk bersifat arif dan bijaksana, bisa bekerjasama dengan guru. Mereka diajak untuk menanamkan keteladanan pada anak didik, dengan terus memberikan inspirasi. Sementara pengawas sekolah harus bisa melakukan pengawasan secara rutin.

Menurut Titik, Kepala Sekolah sesungguhnya memiliki tugas-tugas manajemen sekolah yang cukup berat, sehingga harus mampu melaksanakan perencanaan, pengorganisasian, penggerak potensi sumber daya manusia serta jeli dalam membaca arah maupun perkembangan situasi sosial terkini.

"Saya berharap sekolah nantinya  harus menjadi rumah kedua, sekaligus titik sentral pembangunan etika, moral, prestasi, kreatifitas, inovasi serta kualitas sumber daya manusia yang berdaya saing  dan kompeten. Untuk itu saya ingatkan, lingkungan sekolah juga harus kondusif, bersih, sehat, aman dan nyaman” harapnya.

Di penghujung arahannya, Sekda berpesan agar ketiga kepala sekolah yang baru dilantik agar bekerja dengan baik dan penuh keikhlasan. Semua kebaikan dan keikhlasan dalam bekerja akan dibalas  oleh Allah SWT.

“Artinya, pekerjaan yang dilakukan harus dilandasi dengan nilai Ketuhanan sehingga nantinya akan melahirkan generasi muda penerus bangsa yang berkualitas” ujarnya. (Han)