Geliat Ayam Serama Meriahkan HUT Pemkot ke-69

Sebagai bagian dari peringatan HUT Pemerintah Yogyakarta ke-69, Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Pertanian (Diseperindagkoptan) Kota Yogyakarta untuk pertama kalinya menyelenggarakan Kontes Kecantikan Ayam Serama. Kontes yang memperebutkan Piala Walikota ini digelar pada hari Minggu (8/5) pagi di Graha Pandawa, Kompleks Balaikota Yogyakarta.

Walikota Yogyakarta, H. Haryadi Suyuti mengapresasi secara penuh perlombaan yang diikuti oleh puluhan penggiat Ayam Serama se-Indonesia ini. Menurut Walikota, keberadaan kontes ini, selain mampu memperkenalkan Ayam Serama ke khalayak yang lebih luas, juga mampu menjadi ajang silaturahmi antar peminat Ayam Serama se-Indonesia

Walikota menambahkan, ayam serama merupakan sesuatu yang potensial jika dikelola dan dibina dengan baik. “Ayam serama seperti kita ketahui berasal dari Malaysia, namun bukan berarti kontes ini nguri-uri Malaysia, kita harus mampu mengembangkan ayam serama. Di tangan anak-anak Indonesia kita jadikan Ayam Serama menjadi lebih istimewa dari negara asalnya” Demikian ungkap Walikota  di akhir sambutannya.

Dalam kontes yang merupakan bagian dari peringatan HUT Pemerintah kota Yogyakarta yang ke-69 ini, peserta tidak hanya datang dri Yogyakarta, namun dari berbagai wilayah di Indonesia seperti Jakarta, Sidoarjo, Makassar, Cirebon, Bandung, Madura, Kediri, dan sebagainya. Ketua Panitia Penyelenggar, Benny Antoro menjelaskan, walaupun saat ini ayam serama belum populer, namun sudah memiliki penggemar yang cukup loyal di seluruh wilayah Indonesia “Keberadaan ayam serama di Indonesia sudah ada sejak awal tahun 2000an. Sempat ada kontes pada tahun 2006 lalu namun vakum hingga pada tahun 2010 kemarin mulai menggeliat lagi. Dengan adanya kontes ini semoga keberadaan ayam serama makin memasyrakat karena ayam serama, selain cantik juga mudah pemeliharaannya, tidak perlu lahan yang luas juga pakan yang banyak” Pungkas Benny.(ams)