PKK Kota Yogyakarta Gelar Puncak Acara Hari Kesatuan Gerak PKK Ke 44

Hari ini, Kamis (24/03), bertempat di Ruang Bima, Komplek Balai Kota Yogyakarta diselenggarakan Puncak Acara Hari Kesatuan Gerak PKK KB KES Tingkat Kota Yogyakarta Tahun 2016. Kegiatan ini mengusung tema “Dengan HKG Ke 44 Tahun 2016 Kita Wujudkan Kinerja Gerakan PKK Melalui Penguatan Dasawisma”.

Ketua Tim Penggerak PKK Pusat, dr. Erni Guntarti Tjahjo Kumolo dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Ketua Tim Penggerak PKK Kota Yogyakarta, Hj. Tri Kirana Muslidatun, S, Psi, menyampaikan bahwa kegiatan PKK tidak sekedar menciptakan kemeriahan sesaat, tetapi rasa syukur atas kiprah gerakan PKK hingga saat ini. Gerakan PKK selama ini adalah mitra kerja pemerintah melaksanakan pembangunan.

“Seluruh upaya yang dilakukan oleh gerakan PKK harus diarahkan pada terwujudnya kehidupan keluarga yang lebih maju, mandiri, bahagia sehat dan sejahtera. Hal ini hendaknya tercermin dalan suasana kehidupan keluarga yang saling asih asah asuh sebagai norma dasar terwujudnya keharmonisan keluarga yang didukung oleh kehidupan sosial ekonomi yang memadai,” ujarnya.

Ditambahkan, seluruh upaya dalam PKK menurutnya harus merujuk pada terwujudnya kehidupan keluarga yang lebih maju. Tim Penggerak PKK harus memberi dukungan sepenuhnya dalam mewujudkan kesejahteraan keluarga. PKK juga harus memberikan perhatian penuh pada Posyandu, sebagai layanan terdepan kesehatan ibu dan anak.

Sementara itu dalam sambutan tertulis Walikota Yogyakarta yang dibacakan oleh Sekretariat Daerah Kota Yogyakarta Dra. RR. Titik Sulastri, menyampaikan, gerakan PKK sebagai wadah aktifitas sosial kemasyarakatan bagi keluarga memiliki sejarah perjalanan yang panjang. Selama 44 tahun pelaksanaan gerakan PKK dalam mendukung proses pembangunan bangsa telah menunjukan keberhasilan yang signifikan.

“Aktifitas PKK telah diakui secara luas sebagai gerakan dari dan oleh masyarakat yang mampu memposisikan diri sebagai mitra kerja pemerintah dalam melaksanakan pembangunan,” tuturnya.

Dalam kesempatan tersebut, Dra. RR. Titik Sulastri juga memberikan penghargaan kepada pemenang lomba tingkat Kecamatan yang digelar oleh Tim Penggerak PKK Kota Yogyakarta, diantaranya lomba administrasi KKG PKK KB Kesehatan, administrasi Posyandu, dan lomba administrasi PHBS. Bagi pemenang lomba diberikan piagam penghargaan dan uang pembinaan. (cok)