Tri Kirana: Keamanan Pangan Dapat Tingkatkan Ekonomi Produk Pangan Rumahan

Hari ini, Rabu (23/3), Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta menyelenggarakan penyuluhan keamanan pangan yang bertempat di Hotel Gallery, Prawirotaman, Brontokusuman.

Dalam laporannya, Kepala Bidang Regulasi dan PSMK Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta drg. Emma Rahmiaryani, menyampaikan bahwa penyuluhan keamanan pangan ini membahas tentang keamanan pangan, diantaranya pencemaran pada pangan, bahan berbahaya pada pangan, bahan tambahan pangan, serta peraturan terkait pangan.

“Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan bekal kepada para pelaku usaha pangan di Kota Jogja agar mampu memproduksi pangan yang aman, higienis, bermutu, bergizi, dan tidak bertentangan dengan agama, keyakinan dan budaya masyarakat,” ujarnya.

Selanjutnya, dalam sambutannya, Ketua Tim Penggerak PKK Kota Yogyakarta Tri Kirana Muslidatun, menekankan pentingnya keamanan pangan dalam proses produksi pangan rumah tangga.

“Pangan yang bermutu dan aman dapat dihasilkan dari dapur rumah tangga maupun dari industri  pangan. Oleh karena itu industri pangan memegang peran penting dalam beredarnya pangan yang memenuhi standar mutu dan keamanan yang telah ditetapkan oleh Pemerintah,” tuturnya.

Ibu Ana menambahkan, dengan menghasilkan pangan yang bermutu dan aman untuk dikonsumsi kepercayaan masyarakat niscaya akan meningkat dan industri pangan yang bersangkutan akan berkembang pesat.

“Dengan berkembangnya industri pangan yang menghasilkan pangan bermutu dan aman untuk dikonsumsi serta sudah mendapatkan izin kelayakan, maka produk pangan rumahan ini akan meluas pangsa pasarnya, tidak hanya di pasar tradisonal saja, akan tetapi juga dapat dipasarkan di hotel-hotel dan supermarket. Dengan demikian, pelakunya dapat terangkat secara ekonomi,” pungkas Ibu Ana. (cok/and)