Taman Pintar luncurkan zona air 4D

Zona Air untuk Kehidupan yang berada di lantai dua Gedung Kotak Taman Pintar kini memiliki tampilan baru yang lebih interaktif namun tetap memberikan edukasi tentang pengelolaan air kepada pengunjung.

Menutur Asisten Perekonomian dan pembangunan Kota Yogya, Aman Yuriadijaya, Taman Pintar melalui zona yang ada di dalamnya akan terus mengembangkan teknologi dengan konsep yang menyenangkan dan mendidik.

Oleh karena itu, ia mengaku sangat mendukung upaya pembaruan serta peningkatan seperti yang dilakukan Danone Aqua hari ini.

“Sehingga senantiasa memberikan pengetahuan kepada anak-anak dengan cara menarik dan menyenangkan sehingga pesan-pesan yang ingin disampaikan mampu ditangkap dan diserap dengan baik” ujarnya senin (18/1)

Zona air ini memiliki konsep water museum di mana di dalamnya terdapat teater 4D yang dapat mengajak anak-anak untuk mendalami perjalanan siklus air dengan cara yang menyenangkan.

Selain itu, pada permainan kalkulator hidrasi, anak-anak akan diajarkan untuk belajar mengenai fungsi air bagi kesehatan, pelestarian lingkungan melalui permainan kinect biopori, cara kerja roket air dengan tekanan udara, pengendali air, serta belajar mengenai jenis-jenis air dan sumbernya.

Tak sampai disitu pengunjung juga akan diajak untuk berinteraksi langsung melalui wahana interaktif seperti roket air, pengendali air, dan wahana lain yang mengajarkan jenis-jenis air, sumber air, dan arti pentingnya bagi kehidupan

Sementara kepala kantor pengelolaan Taman Pintar Yunianto Duwisutono menambahkan dengan adanya zona ini merupakan salah satu langkah untuk merefresh atau memperbaharui kembali wahana yang lama menjadi baru agar terdapat perubahan yang signifikan untuk dinikmati pengunjung.

“Di Taman Pintar mengadakan kerjasama antar instansi baik lembaga maupun universitas setiap tahun 3 sampai 5 kali. Kerjasama guna membuat perubahan baik membuka zona baru maupun merefres zona lama menjadi baru lagi, “ tambahnya. (Han)