Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Progo 2015: Gangguan Kamtibmas Tahun 2015 Alami Penurunan

Perayaan natal dan tahun baru merupakan momentum penting setiap akhir tahun yang selalu diikuti dengan meningkatnya dinamika situasi kamtibmas, sehingga memerlukan upaya dan langkah pengamanan secara komprehensif dari Polri dan dukungan dari seluruh komponen masyarakat agar kegiatan tersebut dapat berjalan lancar.

Terkait dengan hal itu, dalam rangka pengamanan Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2015 Pemerintah Kota Yogyakarta bekerjasama dengan Polresta Yogyakarta dan instansi terkait pagi ini menggelar Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Progo 2015 di halaman Stadion Mandala Krida, Rabu (23/12). Bertindak selaku inspektur upacara adalah Walikota Yogyakarta H. Haryadi Suyuti.

Apel tersebut diikuti oleh beberapa unsur, yakni TNI Kodim 0734, Polresta, Paksi Katon, Dinas Ketertiban Kota Yogyakarta, Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta, Linmas serta PMI.

Apel ini merupakan pengecekan akhir sebelum penerjunan pasukan untuk bertugas di lapangan selama 10 hari yakni dari tanggal 24 Desember 2015 sampai dengan 2 Januari 2016.

Gangguan Kamtibmas Turun

Dalam amanat Kapolri yang dibacakan oleh Walikota, disampaikan bahwa apel gelar pasukan ini merupakan tahapan untuk melakukan pengecekan akhir terhadap kesiapan personel dan kelengkapan sarana prasarana pendukung yang akan digunakan dalam pelaksanaan tugas serta keterpaduan unsur terkait dalam pengamanan, guna mewujudkan situasi kamtibmas yang aman dan kondusif pada saat dan pasca perayaan natal 2015 dan tahun baru 2016.

“Kasus-kasus gangguan kamtibmas yang terjadi di tahun 2015 mengalami penurunan sebanyak 47,25% dibanding pada saat Operasi Lilin 2014,” tuturnya.

Amanat tersebut mengajak segenap unsur terkait agar mengoptimalkan peran fungsi intelejen untuk mengetahui dinamika yang terjadi di masyarakat, menempatkan personil di titik-titik rawan, meningkatkan kepekaan dan kewaspadaan terhadap aksi teror di titik-titik yang disinyalir rawan, meningkatkan kegiatan patroli untuk menekan gangguan kamtibmas, melakukan monitoring dan pendataan secara akurat serta menjalin kerjasama yang harmonis dengan instansi-instansi terkait.

Kemudian ia mengimbau kepada masyarakat untuk merayakan malam perayaan natal dan malam pergantian tahun dengan tertib dengan cara menjaga keamanan dan saling bersinergi untuk saling menjaga Kota Yogyakarta agar Kota Yogyakarta menjadi Kota yang aman dan tentram. (cok)