Untuk Memeriahkan Hari Sumpah Pemuda Dan Hari Pahlawan Warga Nyutran Gelar Acara Berbakti Untuk Masyarakat

Dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda dan Hari Pahlawan. Para pemuda pemudi RW 18 Nyutran, Kelurahan Wirogunan, Kecamatan Mergangsan, Kota Yogyakata menggelar acara dengan tema Berbakti Untuk Masyarakat. Minggu Pagi (15/11)

Kegiatan tersebut dihadiri oleh seluruh warga Kelurahan Nyutran, tak ketinggalan Wakil Wali Kota Yogyakarta, Imam Priyono pun ikut dalam semarak memeriahkan kegiatan tersebut.

Ketua Panitya, Ela Bahar menjelaskan bahwa di hari pahlawan ini merupakan momentun juga tonggak kegigihan para pejuang dalam mempertahankan kedaulatan bangsa.

“Hampir setiap tahun kita rayakan hari pahlawan ini dengan banyak kegiatan positif, seperti donor darah, pentas seni, pasar murah dan lomba gerak dan lagu, dengan maksud agar kami bisa mengingat perjuangan pahlawan kita yang gugur dalam mempertahankan negara kita, di samping itu kita berharap para anak – anak juga tidak akan pernah meninggalkan sejarah,” jelasnya.

Kegiatan semacam ini, lanjutnya tidak hanya bertujuan memupuk rasa cinta tanah air yang tinggi dalam diri masyarakat, akan tetapi juga sebagai ajang menggali potensi di bidang kesenian. Semua bakat dan potensi yang ada diberi ruang untuk eksplorasi dalam momentum peringatan tersebut.

Sementara itu Wakil Walikota Yogyakarta, Imam Priyono mengatakan jika kita harus membumikan rasa nasionalisme dan membangkitkan jiwa patriotik dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Mulailah yang terkecil, membangun semangat gotong royong di lingkungan kita masing-masing agar kebersamaan terus terjaga” katanya.

Bagi Imam, perkembangan era globalisasi dan modernisasi berpotensi mengikis nilai-nilai dan semangat juang seperti yang dimiliki para pahlawan bangsa. Untuk itu, lanjut Imam spirit kebersamaan dan seperjuangan harus selalu melekat di setiap bidang pembangunan agar tidak terkikis dengan perkembangan zaman.  

"Di era globalisasi dan modern kini, spirit dan semangat juang para pahlawan harus senantiasa melekat dalam diri kita. Walau medannya berbeda dengan era massa perjuangan para pahlawan kita, namun semangat dan jiwa patriotik harus terus kita tumbuhkan. Bukan justru terkikis dengan perkembangan massa," pungkasnya.

Wawali juga mengingatkan, semarak peringatan Hari Sumpah Pemuda dan Hari Pahlawan hendaknya diisi dengan kegiatan-kegiatan positif yang menumbuhkan solidaritas anak bangsa dalam meneruskan cita-cita perjuangan para pahlawan dan membangun bangsa di segala bidang.

"Dengan menjaga solidaritas dan persatuan bangsa, artinya kita mengapresiasi pengorbanan para pejuang bangsa yang telah gugur untuk bangsa dan negara. Kini, medan dan tujuan perjuangan kita adalah membangun dan mensejahterakan masyarakat dengan cara dan kemampuan kita masing-masing. Sekecil apapun kontribusi kita, itu sudah menunjukkan pengharaan kepada para pahlawan bangsa," ujarnya. (Han)