Peringati Hari Kesehatan Nasional, Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta Gelar Senam Massal

Hari Kesehatan Nasional diperingati di Indonesia setiap 12 November. Menurut sejarah, Hari Kesehatan Nasional dimulai saat Indonesia dilanda wabah penyakit malaria pada tahun 1960-an, ketika iru ratusan ribu jiwa menjadi korban akibat malaria. Tanggal 12 November dipilih karena saat itu Presiden Soekarno mencanangkan Gerakan Pemberantasan Malaria dengan melakukan penyemprotan nyamuk secara simbolik di Desa Kringinan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

Hari Kesehatan Nasional Ke-51 kali ini mengusung tema Indonesia Cinta Sehat, dengan sub tema "Generasi Cinta Sehat Siap Membangun Negeri". Tema ini diambil karena memiliki makna penting untuk menjadikan hidup sehat sebagai budaya dari keseharian masyarakat Indonesia.

Generasi cinta sehat adalah kita semua, bangsa Indonesia dari segala usia, bayi, balita, anak, remaja, dewasa dan lansia, yang turut serta dalam pembangunan kesehatan. 51 tahun HKN adalah awal dari setengah abad baru memperjuangkan pembangunan kesehatan. Usia yang mewakili sebuah kematangan dan kemapanan pembangunan kesehatan Indonesia. Peringatan HKN Ke-51 Tahun 2015 menjadi momentum untuk melakukan refleksi tentang apa yang harus kita berikan bagi kesehatan dan kesejahteraan masyarakat Indonesia.

Dalam rangka Hari Kesehatan Nasional Ke-51 Tahun 2015, Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta bekerjasama dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan KCU Yogyakarta menyelenggarakan senam massal di halaman Balai Kota Yogyakarta, Jumat (13/11). Senam massal ini diikuti kurang lebih 500 orang yang berasal dari SKP-SKPD di lingkup Pemkot Jogja dan Puskesmas-Puskesmas se-Kota Yogyakarta.

“Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta senantiasa berkomitmen untuk menyehatkan masyarakat Jogja, salah satunya melalui penyelenggaraan senam massal ini. Diharapkan para peserta yang mengikuti senam ini, melakukannya dengan senang dan penuh semangat,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta di hadapan peserta senam.

Selain senam massal, juga diadakan pemeriksan kesehatan gratis oleh Dinkes dan BPJS, yakni pemeriksaan gula darah dan tensi darah di dalam gedung Grha Pandawa, Komplek Balai Kota Yogyakarta.

Dalam ajang ini, penyelenggara juga telah menyediakan door prize antara lain sepeda gunung, kompor gas, microwave, blender dan hadiah hiburan lain. Pemenang ditentukan oleh kupon yang diundi panitia. (cok)