Peringati Hari Cinta Puspa dan Satwa, BLH Kota Yogya Ajak Lestarikan Keanekaragaman Hayati

Meningkatkan rasa cinta terhadap puspa dan satwa memang harus dimulai sejak kecil. Inilah yang mendasari Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kota Yogyakarta menggelar acara yang bertepatan dengan peringatan Hari Cinta Puspa dan Satwa, Kamis (12/11) di Taman Edukasi Gajanh Wong.

Asisten Perekonomian Pembangunan Kota Yogyakarta, Aman Yuriadijaya yang juga selaku PLH BLH Kota Yogya mengatakan dengan melibatkan para pelajar, mereka jadi bisa belajar lebih jauh tentang tumbuhan dan hewan.

“Kelestarian keanekaragaman hayati dengan berbagai jenis flora dan fauna merupakan tanggung jawab bersama. Sebab keanekaragaman hayati merupakan bagian dari kehidupan” tandas Aman.

Dijelaskannya, penanaman pohon dan bunga itu merupakan upaya penyadaran kepada siswa terkait kondisi suhu bumi yang terus meninggi akibat pemanasan global. Dengan kegiatan itu pula, pihaknya juga ingin memberikan pelajaran kepada siswa terkait keseimbangan lingkungan.

“Lihat saja, banyak bencana di Indonesia ini disebabkan oleh ketidakseimbangan lingkungan. Ya itu akibat ulah manusia juga,” katanya.

Menurutnya konservasi keanekaragaman hayati sangat penting dan menentukan bagi keberlanjutan pembangunan di berbagai sektor. Di antaranya, kehutanan, pertanian, perikanan, kesehatan, ilmu pengetahuan, industri, dan kepariwisataan.

“Antara manusia, hewan dan tumbuhan  merupakan mata rantai yang saling membutuhkan. Dan yang terpenting adalah bagaimana melestarikan puspa dan satwa, khususnya satwa yang tergolong langka” sambungnya.

Ia berharap dengan acara tersebut kepedulian manusia terhadap tanaman dan satwa lebih meningkat. “Selain itu juga untuk menumbuhkembangkan dan mengingatkan akan pentingnya puspa dan satwa dalam kehidupan manusia” Katanya

Ia mengajak semua elemen masyarakat untuk berperan aktif dalam pelestarian serta dalam menumbuhkembangkan puspa dan satwa ini. (Han)