Upacara Hari Pahlawan: Meneguhkan Semangat Kepahlawanan Untuk Kesejahteraan Rakyat

Wakil Walikota Yogyakarta Imam Priyono memimpin upacara peringatan Hari Pahlawan yang Ke-70, Hari Kesehatan Nasional Ke-51 dan Hari KORPRI yang Ke-44, di Lapangan Balai Kota Yogyakarta, Selasa (10/11).

Upacara Hari Pahlawan kali ini mengambil tema “Semangat Kepahlawanan Adalah Jiwa Ragaku”, sedangkan untuk Hari Kesehatan Nasional bertema “Sehat Bangsaku Sehat Negeriku”, serta “Dengan Memperkokoh Netralitas dan Profesionalisme, KORPRI Siap Menyukseskan Program Nawa Cita Melalui Gerakan Ayo Kerja Menuju Terwujudnya Kualitas Pelayanan Publik dan Kesejahteraan Masyarakat” sebagai tema Hari KORPRI. Upacara diikuti oleh ratusan pegawai dari SKPD-SKPD Pemkot Jogja dan instansi-instansi di Kota Jogja.

Dalam amanatnya, Wakil Walikota menyerukan bahwa seluruh peserta upacara yang hadir pagi ini adalah pahlawan karena mereka melayani masyarakat Kota Jogja.

"Kita semua harus menjadi pahlawan-pahlawan tanpa tanda jasa yang tanpa pamrih mengabdi kepada masyarakat," terangnya.

Ia menambahkan, kepada pihak-pihak terkait untuk senantiasa menginformasikan tentang program-program pemerintah di bidang kesehatan secara baik dan benar.

“Supaya masyarakat tidak lagi takut sakit, tidak takut masuk rumah sakit. Sehingga masyarakat akan sehat jasmani dan rohaninya. Dan kepada peserta seluruh upacara, semoga ucapan dan doa kita untuk mensejahterakan masyarakat Jogja dikabulkan oleh Tuhan Yang Maha Esa,” tuturnya.

Dalam kesempatan ini, juga terdapat pemberian berbagai penghargaan kepada para pemenang lomba di bidang kesehatan yang digelar Dinas Kesehatan Kota Yogya, yakni pemenang lomba tartil, lomba tenaga kesehatan teladan tingkat Kota Yogyakarta, lomba balita sehat dan ibu cerdas, lomba kesehatan UPT Dinas Kesehatan, lomba bidang kesehatan serta lomba Puskesmas berprestasi.

Wakil Walikota juga berkesempatan untuk mencanangkan program baru yakni 'SMS Bunda', yang merupakan kerjasama antara Kementerian Kesehatan dengan JHPIEGO (lembaga non profit yang bergerak di bidang kesehatan ibu dan anak). Peresmiannya ditandai dengan penyerahan papan nomor SMS Bunda dari Ibu Sushanty kepada Wakil Walikota Imam Priyono dan diteruskan kepada Kepala Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta Fita Yulia. (cok)