Kunjungan DPRD Kabupaten Karawang Ke Pemkot Jogja Terkait Raperda Pemanfaatan Tanah Daerah Milik Jalan

Siang itu, sebanyak 29 perwakilan Pansus DPRD Kabupaten Karawang melakukan kunjungan ke Pemerintah Kota Yogyakarta. Rombongan diterima oleh Staf Ahli Walikota Yogyakarta Bidang Administrasi Umum Tri Widayanto di Ruang Yudhistira, Komplek Balai Kota Yogyakarta, Selasa (10/11). Hadir sebagai narasumber dari Dinas Pemukiman dan Prasarana Wilayah (Kimpraswil) Kota Yogyakarta Sigit Setyawan dan dari Dinas Perizinan Kota Yogyakarta Nur Sulis.

Ketua Pansus DPRD Kabupaten Karawang Edi Suhaedi selaku pimpinan rombongan menyampaikan bahwa kunjungan ini bertujuan untuk menambah wawasan.

“Kami memilih Jogja sebagai tujuan kami menimba ilmu tentang Raperda Pemanfaatan Tanah Daerah Milik Jalan,” ujarnya.

Sementara itu, Tri Widayanto menyambut baik maksud dan tujuan dari rombongan untuk melakukan sharing masalah terkait dan berharap kunjungan ini dapat bermanfaat bagi kedua daerah.

Selanjutnya, dalam forum diskusi yang digelar, Sigit Setyawan menyampaikan bahwa kegiatan kontruksi yang mengakibatkan kerusakan, maka akan dikembalikan ke posisi semula atau langsung diperbaiki.

“Kerusakan jalan di Kota Jogja tidak semata-mata disebabkan karena kondisi aspal jalan yang sudah rusak, bisa juga disebabkan rusaknya drainase yang ada di bawahnya. Untuk sementara langkah yang bisa dilakukannya adalah memantau secara rutin dan langsung memperbaiki jalan apabila ditemukan kerusakan. Begitu ketemu yang rusak akan langsung dilakukan perbaikan. Harapannya agar kerusakan tidak semakin meluas," ungkapnya.

Ia menambahkan, yang terpenting bukan pada saat terjadinya sebuah kerusakan, akan tetapi bagaimana mengantisipasi kerusakan tersebut.

"Untuk memberikan pelayanan kepada warga masyarakat, Dinas Kimpraswil telah membuat satu prosedur tetap (protap) yakni dalam waktu 1x24 jam harus segera menindaklanjuti laporan warga yang berkaitan dengan sarana dan prasarana umum. Meskipun hanya mengamankan dengan pemasangan rambu saja,” tandasnya. (cok)