Walikota Buka PORGUKAR 2015 Kota Jogja

Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti membuka Pekan Olahraga Guru dan Karyawan (PORGUKAR) SMP, SMA, SMK Negeri se Kota Yogyakarta Tahun 2015 yang dihelat di SMPN 1 Jogja, Sabtu (31/10). Penyelenggaraan PORGUKAR kali ini mengambil tema “Melalui PORGUKAR SMP, SMA, SMK Negeri se Kota Yogyakarta Tahun 2015 Kita Kuatkan Kebersamaan Dalam Memberikan Layanan Pendidikan Berkualitas Berbasis Budaya Jogja Istimewa”. Gelaran ini diselenggarakan oleh Forum Komunikasi Kepala Sekolah SMP, SMA, SMK Negeri se Kota Yogyakarta.

Dalam sambutannya, Walikota Haryadi Suyuti mengungkapkan harapannya bahwa kegiatan ini dapat mempererat tali silaturrahmi.

“PORGUKAR 2015 kali ini adalah ajang silaturrahmi yang berbalut olahraga, atau sebaliknya olahraga yang berbalut silaturrahmi. Akan tetapi, hendaknya kegiatan ini tidak hanya silaturrahmi saja yang dikedepankan melainkan juga prestasi, di bidang olahraga tentunya. Nah, bagi yang juara akan mendapatkan tropi Walikota. Selain itu bagi kontingen yang juara umum akan mendapatkan uang pembinaan dari Walikota sebesar Rp 3 juta,” ujarnya yang ditimpali tepuk tangan peserta.

Lebih lanjut, Walikota menghimbau kepada segenap peserta PORGUKAR untuk menjadikan olahraga sebagai kegiatan rutin.

“Marilah kita senantiasa berolahraga, baik dilaksanakan secara pribadi maupun institusi. Luangkan waktu minimal 5 menit untuk olahraga di sela-sela kegiatan. Sehingga kebiasaan positif ini dapat menjadi teladan, baik di sekolah maupun di masyarakat,” pungkasnya.

Event yang berlangsung dari Sabtu hingga Minggu (1/11) tersebut mempertandingkan lima cabang olahraga, yakni bola voli, tenis meja, bulutangkis, catur dan olahraga tradisional Gobak Sodor. PORGUKAR kali ini diikuti oleh 16 SMP, 11 SMA, 7 SMK dan Dinas Pendidikan Kota Jogja. Sedangkan Tim Wasit dari Universitas Negeri Yogyakarta didaulat untuk memimpin pertandingan tiap cabang olahraga.

Jumlah atlet tiap cabang olahraga berbeda-beda yakni bola voli terdiri dari 10 tim putra dan 10 tim putri, catur 1 putra dan 1 putri, bulutangkis (khusus ganda) 2 putra dan 2 putri, tenis meja 2 putra dan 2 putri serta Gobak Sodor yang terdiri dari 8 putra dan 8 putri. (cok)