Walikota Resmi Membuka POPKAR 2015

Pagi ini, Jumat (18/9) di halaman Balaikota Yogyakarta berlangsung upacara dalam rangka pembukaan Pekan Olahraga Karyawan (POPKAR) Kota Yogyakarta 2015. POPKAR yang mengambil tema “Melalui POPKAR Kota Yogyakarta Tahun 2015 Kita Jaga Sportifitas dan Tingkatkan Semangat Kerja Untuk Jogja Istimewa” ini diselenggarakan oleh Kesatuan Bangsa (Kesbang) Kota Yogyakarta.

Event ini diikuti oleh ratusan peserta yang berasal dari SKPD-SKPD di Pemkot Jogja, instansi-instansi dan perusahaan-perusahaan daerah di Kota Yogyakarta.

Dalam laporannya ke Walikota, Kesbang menyampaikan tujuan dari penyelenggaraan POPKAR tahun ini yakni untuk membina dan memelihara kebugaran jasmani dan rohani, kedisiplinan serta sportifitas karyawan/karyawati untuk menuju optimalisasi kinerja karyawan, menunjang peningkatan prestasi olahraga, sehingga kualitas sumber daya manusia dan kinerja karyawan lebih meningkat di setiap tahunnya.

Ada beberapa cabang olahraga yang dipertandingkan di POPKAR kali ini, antara lain lari putra dan putri dengan rute sepanjang 5 km yang diikuti oleh 121 peserta, gerak jalan putra-putri yang menempuh rute 7 km dengan peserta sebanyak 71 tim, yang dilangsungkan pada tanggal 18 September 2015 yakni hari ini. Cabang olahraga bola volley putra-putri dan tenis meja tunggal putra-putri yang akan dilaksanakan pada tanggal 21, 22 dan 25 September mendatang di SMP I Yogyakarta. Serta cabang olahraga bulutangkis tunggal putra-putri dan ganda putra-putri pada tanggal 25, 26 dan 27 September di GOR Kridosono.

Dalam sambutannya, Walikota Jogja Haryadi Suyuti mengungkapkan perihal pentingnya berolah tubuh, khususnya melalui gelaran POPKAR ini.

“Dengan berolahraga, maka imbasnya kita akan memperoleh raga yang sehat. Dengan ragawi yang sehat akan berdampak terhadap kinerja yang baik, ibadahpun akan baik pula. Dan kepada seluruh peserta saya mengucapkan selamat bertanding, jaga semangat, junjung sportifitas dan jaga stamina. Tidak usah ngoyo mengingat cukup jauh rutenya, nanti nafasnya habis di jalan lho," ujarnya setengah berkelakar yang disambut gelak tawa para peserta.

Selanjutnya, Walikota membuka secara resmi POPKAR 2015 tersebut yang ditandai dengan pelepasan burung pipit sebanyak 99 ekor. Tepuk tangan peserta dari seantero halaman Balaikota pun mengiringi kebebasan burung-burung mungil tersebut ke langit Kota Jogja. (cok)