Perpustakaan Kota Yogyakarta akan Selenggarakan “Semarak Hari Kunjung Perpustakaan”

Dunia perpustakaan ternyata memiliki hari istimewa, yaitu Hari Kunjung Perpustakaan yang dirayakan setiap tanggal 14 September. Hari Kunjung Perpustakaan dicanangkan pertama kali pada tahun 1995 oleh Presiden Soeharto dengan tujuan untuk meningkatkan minat baca masyarakat Indonesia yang masih cenderung rendah.

Melalui hari kunjung perpustakaan, diharapkan kesadaran masyarakat untuk berkunjung ke perpustakaan akan semakin tinggi dan budaya membaca masyarakat juga semakin meningkat pula. Dengan pertimbangan di atas, tentu Hari Kunjung Perpustakaan di setiap tahunnya harus dijadikan momentum bagi pengelola perpustakaan untuk berperan secara aktif dalam menciptakan budaya membaca di masyarakat.

Oleh karena itu, berpetapatan dengan Hari Kunjung Perpustakaan tahun 2015, Perpustakaan Kota Yogyakarta pada hari Minggu (13/9) dan Senin (14/9) mendatang akan menyelenggarakan berbagai kegiatan dalam upaya mengingatkan kembali masyarakat akan arti penting perpustakaan. Kegiatan yang diselenggarakan oleh Perpustakaan Kota Yogyakarta meliputi Workshop Kepenulisan, Festival Literasi, dan Selamat Datang di Perpustakaan.

Workshop Kepenulisan akan dilaksanakan pada hari Minggu, 13/9 pukul 09:00 pagi – 13.00 WIB bertempat di ruang pertemuan lantai 2 Kantor Arsip dan Perpustakaan Daerah. Bekerjasama dengan komunitas IIDN (Komunitas Ibu-Ibu Doyan Nulis), kegiatan ini diisi dengan pelatihan bersama membuat karya tulis yang nantinya mampu menembus penerbitan. Kegiatan ini diikuti oleh anggota komunitas IIDN dan masyarakat sejumlah 40 orang.

Sementara, Festival Literasi sendiri akan dilaksanakan pada hari Senin 14/9 pukul 09.00-15.00 WIB di ruang pertemuan lantai 2 Kantor Arpusda, berupa pelatihan kepenulisan yang diikuti oleh siswa-siswa setingkat SLTP sejumlah 60 orang. Pelatihan kepenulisan ini menghadirkan narasumber Drs. ST. Kartono, M.Hum (editor), Arsidi, MIP (Pengurus GPMB Kota Yogyakarta), dan Etyastari Soeharto, ST (penulis). Materi pelatihan terdiri dari penulisan artikel layak terbit, literasi informasi berbasis TI, serta pemanfaatan sumber-sumber informasi pustaka. Kegiatan ini merupakan hasil kerjasama antara Kantor Arpusda Kota Yogyakarta dengan GPMB (Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca) Kota Yogyakarta.

Selain itu, pada Hari Senin 14/9. Perpustakaan Kota melalui kegiatan “Selamat Datang di Perpustakaan” akan mensosialisasikan kepada pengunjung dan masyarakat luas akan arti penting perpustakaan sebagai sarana pendidikan sepanjang hayat, sarana penelitian, pelestarian informasi, dan rekreasi. Pada hari istimewa tersebut, pengunjung akan disambut dengan istimewa dengan welcome drink, pembagian ballpoint, serta disediakan pula berbagai doorprize menarik. Pengundian akan dilaksanakan dalam tiga tahap, taitu tahap I (pkl 12.00 WIB), tahap II (pkl 15.00 WIB), dan di tahap terakhir (pkl 19.00) akan diundi grand prize berupa sebuah sepeda. Pada hari ini, Perpustakaan Kota Yogyakarta akan membuka layanannnya secara penuh dari pukul 08-00 – 24.00 WIB.

Dengan berbagai kegiatan tersebut, diharapkan budaya membaca pada umumnya dan budaya literasi pada khususnya di kalangan masyarakat Kota Yogyakarta akan semakin meningkat sehingga semakin menegaskan predikat Kota Yogyakarta sebagai Kota Pendidikan dan Kota Budaya.