Walikota Buka FKY Kota Jogja, Jikustik Band Memukau Penonton FKY ke-27

Group band asal kota gudeg Yogyakarta, Jikustik tampil memukau menghibur para penonton yang sebagian besar pelajar dan mahasiswa pada pembukaan Festival Kesenian Yogyakarta tingkat Kota Yogyakarta. FKY tingkat Kota Yogyakarta digelar di Plaza Pasar Ngasem. Band yang berdiri sejak 26 Februari 1996 itu menyuguhkan lagu-lagu bertemakan cinta yang dinyanyikan dengan sempurna oleh vokalisnya Brian Prasetyoadi. Penampilan mereka mendapat sambutan hangat dari warga masyarakat Yogyakarta yang sebagian besar adalah pelajar dan mahasiswa dan bahkan para turis dari manca negara.

FKY Kota Yogyakarta direncanakan akan berlangsung dari tanggal 01- 04 September 2015. Selain hiburan di panggung kesenian, FKY Tingkat Kota ini juga menggelar pameran dan pasar seni antara lain  lukisan, Kerajinan Kampung Wisata, kuliner, produk pariwisata dan karya dari APPMI.

Walikota Yogyakarta H. Haryadi Suyuti mengatakan bahwa FKY merupakan milik masyarakat dan seniman kota Yogyakarta. Dirinya  menyampaikan apresiasi setinggi tingginya kepada para seniman kota Yogyakarta dan Propinsi DIY yang menjaga konsistensi keberlangsungan FKY hingga memasuki variabel  ke -27.  Dirinya berharap FKY ini akan tersenggara terus pada waktu-waktu ke depan.. “Harapan dan doa kami adalah bahwa FKY ini terus bisa meningkat dari waktu ke waktu, dari sisi penyelenggaraan dan kualitas penyelenggaraannya,” harap Walikota.

Menurut Walikota  FKY  memiliki efek domino yang positip terhadap perekonomian dan kesenian di Yogyakarta. Dirinya juga berharap FKY kelak menjadi sebuah festival yang tidak hanya dikenal di Yogyakarta saja tetapi dikenal ke tingkat regional, nasional dan internasional. “Mudah-mudahan Festival Kesenian Yogyakarta ini dapat dikenal di tingkat rejional, nasional dan bahkan tingkat internasional,”ujarWalikota.

Selain penampilan group Jikustik Band, pembukaan FKY Tingkat Kota Yogyakarta yang bertemakan Dandan Edan Edanan  ini juga menyuguhkan tarian yang dibawakan oleh Di Ajeng kota Yogyakarta,  atraksi tari permainan api dari Obor Firedance, dan sebuah tarian pesrsembahan dari Studio 8 Yogyakarta. (@mik)