Peringati HUT Kemerdekaan, 100 Warga Nagan Gowes Menuju Sawahan

Warga Rukun Warga 6 dan 7 Kampung Nagan Tengah Kelurahan Patehan mengadakan  acara gowes (bersepeda) bersama  dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun ke-70 Kemerdekaan Indonesia.  Acara bersepeda bersama ini ikuti sekitar 100 lebih warga dari usia anak-anak hingga lansia dengan menempuh jarak 13 kilometer menuju desa Sawahan Bantul.  Gowes bersama warga itu dilepas oleh lurah Patehan Drs. Sukardi di jalan Nagan Tengah , Minggu, (30/08) pagi.

Ketua panitia peringatan Hari Ulang Tahun ke-70 tahun Kemerdekaan RI, Nur Alam mengatakan kegiatan ini merupakan puncak dari seluruh rangkaain kegiatan peringatan HUT Kemerdekaan. Menurutnya, acara gowes bersama itu akan dilanjutkan dengan outbond yang diikuti oleh warga. “Juga, acara senam  sehat dan senam lansia oleh para lansia,” terang Nur Alam.  Ditambahkan, untuk menuju ke desa Sawahan  para lansia tidak mengendarai sepeda tetapi diantar menggunakan kendaran mobil (bus). Namun mereka akan mengikuti acara outbond,  senam dan acara lain yang dibuat panitia.

Salah seorang warga Samsul menambahkan selain acara sepeda bersama peringatan HUT Kemerdekaan tahun ini juga diisi dengan berbagai kegiatan di wilayah RW 6 dan 7. “Dari mulai acara lomba untuk warga dimasing-masing RW. Tirakatan pada taggal 16 Agustus lalu, mengikuti detik-detik Proklamasi di kecamatan dan diakhiri sepeda bersama ini,” tambahnya.

Samsul menambahkan untuk kegiatan tirakatan tanggal 16 Agustus kemarin dilaksanakan di pelataran bangunan cagar budaya Pojok Benteng Barat atau dikenal dengan Jokteng Kulon. Selain mendengarkan pidato Walikota acarajuga diisi dengan pembagian hadiah.

Sementara itu, Lurah Patehan  berharap  acara sepeda bersama itu memiliki beberapa manfaat yakni dapat memberikan kebugaran bagi warga dan juga  menjalin tali silaturahmi diantara warga.”Selain itu, dapat memupuk rasa cinta akan bangsa dan Negara Kesatuan RI karena kegiatan ini masih berkaitan dengan peringatan HUT kemerdekaan,” tambah Sukardi. (@mix)