Senam Massal dan Lomba Tradisional Gobak Sodor Lansia se-Kecamatan Gedongtengen

Pagi itu, Minggu (30/8) tengah berlangsung senam massal dan lomba tradisional gobak sodor yang diikuti oleh ibu-ibu lansia se-Kecamatan Gedongtengen. Acara yang digelar di halaman kantor Kecamatan Gedongtengen tersebut diikuti oleh sekitar 700 peserta. Turut hadir Wakil Walikota Yogyakarta Imam Priyono yang sekaligus sebagai Ketua Umum Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (FORMI) Kota Jogja. Mendampingi Wakil Walikota Jogja, Ketua Harian FORMI Kota Jogja Sukamto dan Camat Gedongtengen Antariksa Agus Purnama.

Acara ini diselenggarakan dalam rangka melaksanakan program FORMI Kota Jogja, khususnya untuk penyegaran kegiatan FORMI di wilayah Kecamatan Gedongtengen.

Di sela-sela sambutannya, Wakil Walikota Yogyakarta menyampaikan wejangan perihal pentingnya mengajarkan kepada anak-anak akan perbuatan baik.

“Bapak dan Ibu, ajarilah anak-anak panjenengan untuk berbicara yang baik, ajari untuk mendengarkan yang baik dan ajarkan kepada mereka untuk melihat yang baik-baik. Insya Allah kelak anak-anak panjenengan akan menjadi anak yang baik, yang diberkati Tuhan,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Wakil Walikota Imam Priyono menambah hadiah lomba yakni berupa sejumlah uang dan satu unit sepeda. Hal ini pun disambut tepuk tangan riuh dari para peserta lomba.

Akhirnya, lomba yang ditunggu-tunggu pun datang juga, yakni lomba tradisional gobak sodor. Adapun persyaratan lomba tersebut yaitu tiap peserta minimal berusia 50 tahun. Peserta lomba dibagi menjadi beberapa regu, tiap regu terdiri dari 5 orang. Lomba gobak sodor ini diikuti oleh 18 regu ibu-ibu lansia Kecamatan Gedongtengen. Lomba berlangsung amat seru, tingkah polah lucu para lansia ini alhasil membuat penonton terpingkal-pingkal. Bahkan ada beberapa lansia yang terjatuh saking semangatnya agar regunya menang. (cok)