Anton Aries Juara Kontes Louhan Pesta Kemerdekaan RI

Dalam rangka menyemarakkan HUT Ke-70 Kemerdekaan RI telah digelar Kontes Louhan Tingkat Regional Jawa pada hari Minggu, 23 Agustus 2015 di Balai Benih Ikan (BBI) Nitikan Umbulharjo. Kegiatan ini dilaksanakan oleh UPT Pelayanan Pertanian dan Perikanan Dinas Perindagkoptan bekerja sama dengan Komunitas Louhan Yogyakarta dan diikuti 73 peserta  yang berasal dari Jakarta, Jawa Timur, Semarang, Solo dan Yogyakarta.

            Menurut Kepala Dinas Perindagkoptan Kota Yogyakarta, Ir H Suyana kontes Louhan menyediakan 20 piala  dan 20 piagam yang dibagi menjadi tujuh kelas, yakni Modern B, Modern C, Free Marking B, Free Marking C, Goldes Base, Bonsai dan Klasik. “Acara ini juga dimeriahkan dengan lelang ikan Louhan sejumlah 20 ekor jenis Cencu. Hasil total lelang sekitar Rp 5 juta dengan lelang harga paling tinggi Rp 1,5 juta didapat Jong Anton dari Toko Koi Iko. Sedangkan paling rendah dengan harga lelang Rp 50 ribu,” katanya.

            Kontes Louhan ini juga dimeriahkan dengan pembagian doorprize sepeda gunung dan masih banyak lagi. Berikut nama-nama juara lomba Kontes Louhan, yaitu Juara 1,2 dan 3 Kelas Modern B  diraih Anton Aries (Jakarta), Riefky (Solo) dan Edy Effendy Aries (Jakarta). Juara Kelas Modern C, yakni Andika (Solo), AHP ( Solo) dan Alan King (Solo), Juara Kelas Marking B yaitu Almod (Solo), Eric Efendy (Surabaya) dan Yunus (Yogya), Juara Kelas Marking C yakni Anton Aries (Jakarta), Eric Effendy (Surabaya) dan Eric Effendy (Surabaya).

            Sedangkan juara 1,2 dan 3 Kelas Golden Base yaitu Budi (Solo), Erif Effendy (Surabaya) dan Indrawan (Yogya). Juara Kelas Bonsai diraih Reyvan Aries (Jakarta), Dimas (Yogya) dan Riswan Afandy (Yogya) serta juara Kelas Klasik masing-masing diraih Ivan dari Yogya dan Gonjret juga dari Yogya. (Ita)