Kontes Roket Air Taman Pintar: Kontes Lokal Yang Kini  Jadi Ajang Kontes Nasional

Sebanyak 187 tim siswa SMP dan SMA/SMK dari  berbagai daerah di Indonesia, mengikuti  kontes Roket Air yang diselenggarakan oleh Taman Pintar Yogyakarta.  Kontes ini digelar di lapangan olahraga SMA Negeri 3 Yogyakarta, Sabtu, (22/08). Kontes Roket Air yang ketujuh ini dibuka oleh Walikota Yogyakarta  H. Haryadi Suyuti.

Walikota Yogyakarta H. Haryadi Suyuti berharap kontes ini akan membuka wacana teknologi para pelajar sekolah SMP dan SMA/SMK di bidang kedirgantaraan. Dikatakan,  kontes Roket Air ke-7 tahun 2015 yang diselenggarakan oleh Taman Pintar Yogyakarta bekerjasama dengan Sekolah Tinggi Teknologi Nasional (STT Nas) Yogyakarta ini tidak semata menitikberatkan pada target jumlah peserta. Tetapi menurut Walikota, semakin banyak peserta kontes menandakan bahwa ada ketertarikan lembaga atau institusi pendidikan sekolah SMP/SMA terhadap teknologi di bidang kedirgantaraan.

 Walikota menambahkan kontes Roket Air itu  bukan sekedar sebuah kontes biasa tetapi merupakan sebuah kompetisi dari temuan ataupun teknologi terbaru di bidang roket air.  “Kontes  ini  bisa dijadikan ukuran bagi kemanjuan sebuah teknologi di bidang kedirgantaraan yang sangat sederhana yang bisa dilakukan oleh para pelajar,” ujar Walikota.

Kompetisi  ini menurut Walikota merupakan ajang untuk menunjukkan kualiatas sumber daya manusia (SDM) pelajar Indonesia. “Semakin banyak yang ikut menunjukkan  minat dan  kesadaran para pelajar  untuk  belajar cukup tinggi. Bangsa Indonesia sudah merdeka 70 tahun tugas ita adalah mengisi kemerdekaan dengan hal positip seperti kegiatan hari ini,” ujar Walikota.

 Walikota berharap para juara dapat  berbagi pengalaman mereka dengan temannya yang lain. “Yang juara saya minta untuk sharing dengan peserta lainnya. Apa sih keunggulannya. Kenapa lebih bagus dari yang lain,” pinta Walikota.

Sementara itu, Kepala Kantor Taman Pintar Yogyakarta Yunianto Dwisutono menjelaskan  peserta  pada kontes roket air ke-7 tahun ini terdiri dari 121 tim tingkat SMP sederajat untuk Kategori Tembak Sasaran Junior dan 66 tim dari tingkat SMA/SMK sederajat untuk Kategori Tembak Sasaran Senior.

Yunianto menambahkan jumlah peserta Kontes Roket Air tahun ini mengalami peningkatan dari segi jumlah peserta. “Total peserta tahun lalu sebanyak  115 tim. Tahun ini, jumlahnya meningkat. Tercatat 187 tim tingkat SMP/SMA/SMK. Jumlah ini kemungkinan bertambah,” ujar Yunianto saat memberikan laporannya.

Dikatakan , kontes Roket Air tahun ini (2015) juga diikuti peserta dari Surabaya dan Palembang Sumatera  Selatan.  “Dengan  keikutsertaan kontestan dari  luar DIY/ Jawa Tengah  seperti Surabaya dan Palembang menandakan kontes ini  telah jauh melebar menjadi  kontes nasional,” tambah  Yunianto.

Juara kompetisi ini berhak mendapat  hadiah Piala Tetap dari Walikota Yogyakarta dan Piala Bergilir dari Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia serta sejumlah hadiah menarik dari Taman Pintar. Kontes yang juga  juga dalam rangka memeriahkan HUT Republik Indonesia ke-70 ini bertemakan “Partisipasi Aktif Pelajar Mendukung Kemajuan Teknologi Kedirgantaraan Indonesia”.

Kontes ini juga bertujuan memberikan motivasi khususnya pelajar pendidikan menengah untuk lebih mengenal teknologi roket pada bidang kedirgantaraan. Dengan kontes semacam ini, diharapkan pelajar dapat mengasah kreativitas inovasi dan menumbuhkan jiwa kompetisi untuk menjadi sumber daya manusia yang profesional.  (@mix).