Pemilihan Wirausaha Muda Pemula Berprestasi Tingkat Provinsi 2015

Dalam rangka memberi penghargaan terhadap wirausaha muda berprestasi. Pemerintah Kota Yogyakarta melalui Kantor Kesatuan Bangsa Kota Yogyakarta mengajak segenap wirausaha muda berprestasi se-Kota Yogyakarta untuk Mengikuti "Pemilihan Wirausaha Muda Pemula Berprestasi tingkat Provinsi Tahun 2015" yang diadakan oleh Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Balai Pemuda dan Olahraga DIY.
 

Bidang Usaha yang dilombakan dalam Pemilihan ini meliputi :

  1. Pertanian, Perkebunan, dan Peternakan.
  2. Kelautan dan Perikanan.
  3. Perdagangan dan Jasa.
  4. Industri Kreatif.
  5. Jasa Boga.

Dari masing-masing kategori akan dipilih tiga orang sebagai pemenang.

Adapun persyaratan calon peserta adalah :

  1. Warga Negara Indonesia usia 16 s/d 30 tahun pada tanggal 28 Oktober 2015 maksimal berusia 30 tahun dibuktikan dengan fotokopi KTP/SIM yang masih berlaku.

  2. Memiliki Usaha orang perorangan dan/atau badan usaha perorangan atau berkelompok yang telah berjalan minimal 2 tahun.

  3. Memenuhi Kriteria usaha mikro dan usaha kecil

    • Usaha Mikro adalah usaha produktif milik orang perorangan dan/atau badan usaha perorangan yang memenuhi kriteria Usaha Mikro, yaitu kekayana bersih (aset) maksimal Rp. 50.000.000, dan perputaran uang (omzet) maksimal Rp. 300 juta per tahun.

    • Usaha kecil adalah usaha ekonomi produktif yang berdiri sendiri, yang dilakukan oleh orang perorangan atau badan usaha yang bukan merupakan anak perusahaan atau bukan cabang perusahaan yang dimiliki, dikuasai, atau menjadi bagian baik langsung maupun tidak langsung dari usaha menengah atau usaha besar yang memenuhi kriteria Usaha Kecil. Yaitu kekayaan bersih (aset) antara Rp. 50 juta s/d Rp 500 juta, dan perputaran uang (omzet) antara Rp 300 juta s.d Rp. 2,5 Milyar per tahun.

  4. Proposal Profil Usaha

  5. Bisnis yang dijalankan tidak melanggar hukum dan norma-norma yang berlaku di Republik Indonesia

  6. Belum pernah mendapatkan penghargaan sejenis dari Kementerian Pemuda dan Olahraga

  7. Surat Pengantar dari Kantor Kesatuan Bangsa Kota Yogyakarta (Surat Pengantar bisa diambil di Kantor Kesatuan Bangsa Yogyakarta, Kompleks Balaikota Yogyakarta, Jl. Kenari 56 Yogyakarta).

     

Pendaftaran dilakukan di BPO DIY  di nDalem Ngadiwinatan, Suryoputran KT II/23, Kraton, Yogyakarta (sebelah timur Sasono Hinggil Dwi Abad, Alun-alun Selatan)

Pendaftaran dilaksanakan mulai tanggal 1 Juni hingga 16 Juli 2015