Apresiasi Gugus PAUD Diharapkan Mampu Tingkatkan Kualitas PAUD

Apresiasi Gugus Paud diharapkan bukan semata-mata sebagai ajang kompetisi, namun juga harus dipandang sebagai media untuk meningkatkan kualitas PAUD, demikian diungkapkan oleh Wakil Ketua Tim Penilai Apresiasi Gugus PAUD DIY 2015, Mugi Rahayu M.Pd dalam sambutannya ketika mengawal acara Apresiasi Gugus Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) DIY 2015 di PAUD Nur Aini Unit II, Yogyakarta, Jum'at (5/6) pagi. 

"Apresiasi Gugus PAUD diadakan bukan sekedar untuk mencari juara, namun acara ini diadakan dalam rangka memberikan pembinaan terhadap gugus PAUD agar kualitas Gugus PAUD semakin meningka" Ungkap Mugi Rahayu.

Ditambahkan oleh Mugi Rahayu, dalam melaksanakan apresiasi gugus PAUD ada beberapa komponen yang dinilai, yaitu Manajemen Gugus PAUD, Pembelajaran, Sarana dan Prasana, Partisipasi Masyarakat, serta Keunggulan dan Prestasi.

"Komponen-komponen tersebut akan dinilai menggunakan berbagai metode, yaitu observasi, wawancara, studi dokumentasi untuk mendapat informasi dari instrumen yang disediakan" Kata Mugi Rahayu.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta, Drs. Edy Heri Suasana mengatakan bahwa Usia Dini merupakan periode perkembangan yang sangat penting dalam kehidupan manusia, oleh karena itu pemerintah harus senantiasa mendorong kesadaran para pendidik di tingkat PAUD.

"Salah satu bentuk dari pembinaan PAUD ini adalah dengan memberikan penghargaan kepada pendidik dan pengelola PAUD melalui penyelenggaraan apresiasi PAUD. Apresiasi ini diharapkan dapat memperkuat kapasitas pendidik di tingkat PAUD dan mampu mendorong organisasi mitra agar lebih inovatif dan kreatif dalam mengembangkan penyelenggaraan PAUD" Ungkap Edy.

Apresiasi yang mengambil tema "Dengan Apresiasi Gugus PAUD, Kita TIngkatan Kreativitas Etos Kerja Guru PAUD" ini diselenggarakan di Gugus PAUD Melati I Kecamatan Ngampilan Kota Yogyakarta. Gugus PAUD yang berada di bawah binaan Kepala UPT TK dan SD Wilayah Yogyakarta Barat dan Penilik PAUD Kecamatan Ngampilan ini membawahi enam PAUD, yaitu TK ABA Ngampilan sebagai PAUD Inti, dan TK ABA Purwodiningratan,  TK ABA Ngadiwinatan, TK RK Patuk, serta KB Aisyiyah Nur'aini sebagai PAUD Imbas. (ams)