Peringatan Hari Lansia Kelurahan Karangwaru Meriah

Tidak kurang 100 orang lanjut usia (lansia) dari Kelurahan Karangwaru, Kecamatan Tegalrejo Kota Yogyakarta mengikuti peringatan Hari Lansia yang di gelar di Balai Rukun Warga (RW) Bangirejo (24/5).

Menurut Ketua LPMK (Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan) Karangwaru, K. Herman Setiawan, peringatan Hari Lansia merupakan wujud kepedulian dan penghargaan pemerintah terhadap orang lanjut usia. Dengan peringatan Hari Lansia juga diharapkan dapat menggugah kepedulian agar senantiasa memberikan kebahagian lansia.  

“Sebagai bangsa yang menghargai dan menghormati orang tua dan kaum lanjut usia, hendaknya  semua lapisan masyarakat berusaha menyayangi kaum lansia yang diwujudkan dalam suatu gerakan sayangi dan lindungi para lansia sebagai wujud cinta kepada lansia, cinta bangsa dan tanah air Indonesia” ujarnya.

Melalui acara tersebut, Ia mengajak para generasi muda untuk mau memberikan kasih sayang dan perhatian pada lansia.

"Paling tidak pada orang tua sendiri, jika sudah baru perhatikan lansia di sekitar Anda. Hanya sekadar disapa atau diajak bicara saja mereka pasti sudah senang” ungkapnya.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Yogyakarta Imam Priyono dalam peringatan Hari Lansia Nasional mendorong para lansia untuk tetap menjaga semangat dan menjalani hidup dengan positif.
"Banyak kegiatan positif yang bisa dijalankan oleh para lansia. Yang penting adalah menjaga diri agar selalu sehat karena menjadi tua itu adalah sebuah kepastian," katanya.

Namun demikian, Imam menilai bahwa masih banyak lansia laki-laki yang enggan mengikuti berbagai kegiatan karena merasa malu.

"Misalnya saja pada kegiatan ini. Jumlah lansia perempuan lebih banyak. Lebih dari 60 persen peserta kegiatan ini adalah perempuan. Ini harus menjadi perhatian bersama. Bapak-bapak jangan malu ikut kegiatan seperti ini," katanya.

Peringatan Hari Lanjut Usia Nasional tersebut juga diisi dengan pentas seni lansia, seperti penampilan  dari kelompok Mustika Handayai Bangirrejo.

Salah seorang lansia Wayan Wimartina mengatakan peringatan Hari Lansia tersebut sangat bermanfaat, Karena selain untuk menyalurkan hobi para lansia juga sebagai ajang silahturahmi antar lansia.

“Lansia yang hidupnya sejahtera dan senang akan lebih menghargai kesehatan dan kondisi mentalnya sendiri, sehingga dengan mandiri mereka mau menjaga kesehatan dan kebersihan diri mereka meski tanpa perlu diingatkan.” Katanya.

Ia berharap kegiatan semacam ini rutin dilaksanakan sehingga lansia lebih bersemangat dalam mengisi usia lanjut. (Han)