Walikota Tinjau Hasil TMMD

Walikota Yogyakarta, Haryadi Suyuti bersama Komandan Kodim (Dandim) 0734 Yogyakarta Letkol (Inf) Renal A Sinaga melakukan peninjauan langsung hasil TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) yang dilaksanakan di Kelurahan Giwangan, Jumat (22/5).

Dalam peninjauan tersebut, Walikota memberikan apresiasi yang tinggi atas bantuan TNI dalam pembangunan talud dengan sistem bronjong sepanjang 64 meter di Kali Gajah Wong.

Menurut  Renal Sinaga dipilihnya sistem talud bronjong karena sistem tersebut diyakini juga akan menjaga daerah resapan air agar tidak rusak.

“Mengingat Sungai Gajah Wong termasuk salah satu lokasi sungai yang meluap beberapa waktu lalu. Selain itu, pihaknya juga ingin mendorong masyarakat untuk juga turut aktif dalam membangun kampung” katanya.

Namun meski begitu, lanjut Renal pembangunan fisik bukanlah yang utama dari program TMMD. Pembangunan non-fisiklah yang akan tetap menjadi fokus. Salah satunya dengan menanamkan rasa cinta tanah air kepada masyarakat.

“Semua capaian tersebut tidak menghentikan jajaran TNI-AD untuk terus melakukan evaluasi dan penyempurnaan, agar TMMD tetap relevan dan membawa manfaat nyata bagi masyarakat. Koordinasi dilakukan secara terpadu melibatkan berbagai instansi serta masyarakat sebagai pelaku dan pengguna hasil TMMD” ujarnya

Ia menambahkan, semua program TMMD haruslah berasal dari aspirasi dan kepentingan masyarakat di daerah pedesaan, tertinggal, terisolasi, wilayah perbatasan, atau kawasan kumuh perkotaan, serta terkait dengan kebutuhan nyata masyarakat setempat yang harus segera dicarikan solusi atau pemenuhannya.

Sementara itu Walikota Yogyakarta, Haryadi Suyuti mengatakan TMMD melibatkan unsur pemerintah, maupun instansi non pemerintah bersama masyarakat.

“Pada hakekatnya merupakan wujud nyata dari penerapan budaya Indonesia, yakni gotong-royong” tadasnya

Ia berharap pelaksanaan TMMD akan menggugah dan memupuk komitmen persatuan dan kesatuan setiap anak bangsa sehingga hidup saling tolong menolong serta bergotong royong atas dasar kesetiakawanan, kekeluargaan, toleransi yang tinggi atas perbedaan yang ada

"Marilah terus kita jaga semangat kebersamaan TNI, Polri dan masyarakat utnuk meningkatkan kualitas pembangunan dalam rangka peningkatan kesejahteraan masyarakat" kata Walikota. (Han)