Lomba Arsip Antar SKPD, Latih SKPD Kelola Arsip Dengan Baik dan Benar

Guna meningkatkan dan melatih setiap Unit Kerja  dalam mengelola arsipnya dengan baik dan benar, Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta melalui Kantor Arsip dan Perpustakaan (Arpusda) Kota Yogyakarta mengadakan lomba Arsip antar SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah).

Menurut Kepala Kantor Arpusda Kota Yogya,Wahyu Hendratmoko kriteria penilaian pada lomba tersebut difokuskan pada jumlah arsip secara keseluruhan. “Jumlah arsip vital serta jenis arsip mulai dari statis, aktif, yang dimiliki oleh setiap SKPD,” jelasnya

Penyerahan Penghargaan tersebut diserahkan oleh Walikota Yogyakarta, Haryadi Suyuti kepada Kepala SKPD yang memenangkan lomba tersebut.

Lomba tersebut di bagi menjadi lima kelompok. Kelompok pertama adalah untuk Lembaga Teknis Daerah, yang di menangkan oleh Dinas Perizinan sebagai terbaik pertama, Bagian Umum terbaik kedua, Dinas Pengelolaan Pasar terbaik ketiga

Untuk Kelompok kedua kategori Puskesmas. Terbaik pertama adalah Puskesmas Kraton, terbaik kedua Puskesmas Danurejan II, dan terbaik ketiga adalah Puskesmas Jetis.

Kelompok Ketiga kategori Sekolah. Terbaik pertama jatuh pada SMKN 4 Yogyakarta, Terbaik kedua SMAN 9 Yogyakarta, Terbaik ketiga adalah SMPN 4 Yogyakarta.

Kelompok keempat kategori Kecamatan. Kecamatan Kotagede menjadi kecamatan terbaik pertama, terbaik kedua adalah kecamatan Ngampilan, dan terbaik ketiga adalah Kecamatan Gedongtengen.

Sedangkan untuk kelompok lima adalah kategori Kelurahan. Terbaik pertama adalah Kelurahan Ngupasan, Terbaik kedua adalah Kelurahan Demangan, Terbaik Ketiga adalah Kelurahan Wirogunan.

Walikota Yogyakarta Mengatakan jika pentingnya pengelolaan arsip dapat dijadikan salah satu sumber informasi penting dan memberikan gambaran yang nyata.

“Arsip merupakan sebuah hal yang sangat penting. Oleh karena itu, keberadaan arsip harus terus menerus dipelihara” tandas Haryadi

Melalui Lomba tersebut Ia berharap pelayanan administrasi Pemerintah Kota Yogya dimasa mendatang akan lebih meningkat serta seluruh elemen aparat birokrasi semakin sadar bahwa arsip bernilai guna administrasi, hukum, keuangan, ilmiah, kebuktian dan teknologi

“Semoga prestasi tersbut bisa terus dipertahankan di masa yang akan datang dan dapat di tularkan kepada SKPD lain sehingga kedepan semakin banyak SKPD yang mampu mengelola arsipnya dengan baik dan benar” Ujarnya. (Han)