Peserta Diklatpim III Pusdikminpol Kunjungi Best Practice Pemerintah Kota Yogyakarta

Peserta Pendidikan dan Pelatihan III Pusat Pendidikan Administrasi Lembaga Pendidikan POLRI (Pusdikminpol) melakukan benchmarking (studi banding) ke Pemerintah Kota Yogyakarta, Kamis (21/05). Peserta dipimpin oleh Wakil Kepala Pusdikminpol AKBP Muhammad Ro’is. Rombongan yang berjumlah 77 orang tersebut diterima oleh  Staf Ahli Bidang Perekonomian dan Pembangunan Yulia Rustiyaningsih di Ruang Arjuna Balaikota Yogyakarta.

Pertemuan diawali dengan penyampaian maksud dan tujuan oleh pimpinan rombongan. AKPB Muhammad Ro’is menyatakan kunjungan ini adalah merupakan tindak lanjut dari tahapan pelatihan yaitu mengunjungi best practice di Pemerintah Kota Yogyakarta.  “Setelah mendapatkan berbagai ilmu pengetahuan, kami datang ke Pemerintah Kota Yogyakarta untuk mengadopsi inovasi dan juga produk-produk unggulan yang ada di Pemerintah Kota Yogyakarta,” katanya.

Ditambahkan olehnya, selama belajar di Pemerintah Kota Yogyakarta diharapkan peserta akan memperoleh masukan atau ide kreatif yang nantinya akan membawa dampak positif dan dapat dimasukkan dalam proyek area perubahan peserta.

Muhammad Ro’is juga menyampaikan alasan memilih Pemerintah Kota Yogyakarta yaitu karena Kota Yogyakarta dikenal sebagai pusat kota pendidikan, kota tujuan wisata, kota budaya, dan juga dikenal sebagai kota perekonomian kreatif. “Di Kota Yogyakarta, ekonomi kreatif memiliki perkembangan yang bagus yang kami harap dapat kami pelajari dan kami adopsi,” katanya.

            Penyampaian maksud dan tujuan disambut dengan penyampaian gambaran singkat mengenai Kota Yogyakarta oleh Yulia Rustiyaningsih. Staf Ahli Bidang Perekonomian dan Pembangunan tersebut juga menyampaikan prestasi yang dicapai dan inovasi-inovasi yang telah dilakukan Pemerintah Kota Yogyakarta.

            Peserta kunjungan kali ini terdiri dari enam kelompok yang nantinya akan belajar tentang beberapa Satuan Kinerja Perangkat Daerah (SKPD) yang merupakan best practice di Pemerintah Kota Yogyakarta. Adapun SKPD yang menjadi lokus kunjungan adalah Dinas Perizinan, Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah(Bappeda), Dinas Pajak Daerah dan Pengelolaan Keuangan (DPDPK), dan Bagian Hubungan Masyarakat dan Informasi Sekretariat Daerah Kota Yogyakarta.

            Setelah mendapat gambaran singkat mengenai Pemerintah Kota Yogyakarta di Ruang Arjuna yang terletak di Lantai III Dinas Perizinan, para peserta menuju lokus sesuai bidang dan kelompok yang telah dibagi. Diharapkan ketika para peserta berada di lokus, peserta akan memperoleh data dan informasi yang lebih detail. Peserta juga dapat melihat langsung pelayanan dan inovasi yang sudah dilakukan oleh instansi yang dikunjungi. (Nade)